Nasional

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Dalam Acara Puncak Sail Teluk Cenderawasih 2023

Administrator
Matatelinga.com
MATATELINGA, Jakarta: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam rangkaian kegiatan puncak acara Sail Teluk Cenderawasih 2023 dengan tema Memantapkan Kedaulatan Maritim Indonesia di Pacific.



Dengan tiga fokus utama yaitu meningkatkan investasi, meningkatkan ekspor produk unggulan daerah dan pengembangan potensi daerah yang digelar di Kawasan Pantai Semau, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Kamis (23/11/2023).


Dalam sambutannya, Presiden RI mengatakan, puncak acara Sail Teluk Cenderawasih 2003 ini memperkenalkan potensi bahari, potensi maritim, potensi pariwisata, potensi sosial budaya dan sebagai beranda Indonesia di kawasan Pasifik.



Papua memiliki kekayaan alam yang berlimpah dan Teluk Cenderawasih merupakan kawasan dengan ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia, surganya terumbu karang, surganya biota laut, selain itu juga dengan adanya kegiatan Sail Teluk Cenderawasih ini dapat mempromosikan budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan level internasional.


“Ini akan mendorong wisatawan, akan mendorong minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua,” ujarnya.


BACA JUGA:Serah Terima Jabatan Panglima TNI dari Laksamana TNI Yudo Margono Kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto


Pada acara tersebut, dipersembahkan Tari Kolosal Papua oleh Putra Putri Papua, Sailing Pass 8 Kapal Republik Indonesia, 4 Kapal SAR, 1.000 perahu Saireri/ Nelayan dan Free Fall 40 peterjun Payung.



Selanjutnya, Panglima TNI mendampingi Presiden RI menuju Kampung Nelayan Modern, Sambar Binyeri, Kecamatan Yendidori, Kabupaten Biak Numor, Provinsi Papua, dilanjutkan peninjauan fasilitas di Kampung Nelayan Modern, yaitu Gedung Beku Portabel, Pabrik Es Kalamo, Bengkel Nelayan dan Kapal Nelayan.



Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Staf Khusus Presiden Billy, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard Tampubolon, Asops Panglima TNI Laksda TNI Rachmad Jayadi, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Djaka Budi Utama


Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Tag:Cenderawasih 2023Panglima TNIPuncak Sail Telukmatatelinga.commatatelinga comnkrihargamatiTerkinitnikuatrakyatbermartabattnipatriotnkritniprima

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.