Lifestyle

Katanya Minum Kopi Di Pagi Hari Bahaya Loh? Ini Penelitiannya!

rizky
Hand over
Ilustrasi
MATATELINGA - Nikmatnya menyeduh kopi di pagi hari sudah menjadi hal kebiasaan bagi sebagian besar orang sebelum memulai aktivitas. Tapi, apakah Anda termasuk orang yang minum kopi sebelum sarapan atau makan pagi?



Jika iya, sebaiknya pikir lagi, karena suatu penelitian menjelaskan bahwa minum kopi sebelum sarapan akan memberi dampak buruk pada kesehatan. Karena itu, sangat disarankan bagi Anda penikmat kopi untuk minum cairan pahit tersebut sesudah sarapan atau tidak dengan perut kosong.


Para studi penelitian pun kemudian menjalani tes darah sebelum dan sesudah menelan apa pun. Hasil studi menunjukkan bahwa partisipan yang minum kopi sebelum minum minuman yang mabis kadar glukosa darahnya meningkat sekitar 50 persen. Beda dengan mereka yang minum kopi setelah sarapan yang tidak memperlihatkan efek negatif pada kadar glukosa atau respons insulin.


Baca Juga:Ramalan Zodiak : Virgo Jangan Terlalu Sentimental, Leo Kamu Penuh dengan Imajinasi

Meskipun studi ini sangat terbatas dan perlu dilakukan studi lebih lanjut, para peneliti yakin bahwa minum kopi sebelum sarapan dapat membatasi kemampuan tubuh memproses gula segera setelahnya. Seperti dikutip dari Okezone, Kamis (26/05/2022).

"Meski banyak yang harus dipelajari entang efek tidur pada metabolisme kita, seperti seberapa banyak gangguan tidur yang diperlukan untuk mengganggu metabolisme dan apa implikasi janga panjangnya, serta bagaimana olahraganya, tapi studi ini dapat membantu mengatasi hal-hal tersebut," kata Harry Smith dari Departemen Kesehatan di Bath.



Penelitian itu dilakukan di Center for Nutrition, Excercise, and Metabolism di University of Bath, dan menemukan bahwa minum kopi setelah sarapan lebih baik dalam menjaga kadar gula darah yang sehat sehabis bangun tidur. Sebaliknya, minum kopi sebelum sarapan akan memberi dampak negatif pada kontrol glukosa darah.


"Sederhananya, kontrol gula darah kita terganggu ketika hal pertama yang bersentuhan dengan kopi, terutama setelah tidur yang terganggu. Kita bisa memperbaiki kondisi tersebut dengan makan dulu baru minum kopi jika dirasa masih membutuhkannya," kata Profesor James Betts, Wakil Direktur Center for Nutrition, Excercise, and Metabolism University of Bath.


Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:gaya hidupKatanya Minum Kopi Di Pagi Hari Bahaya LohkopiMatatelingaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.