Berita Sumut

Tantangan Penerapan Nilai Pancasila pada Kaum Muda

Administrator
Mtc/ist
Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara mengandung nilai-nilai luhur yang harus melekat dan menjadi ciri bangsa Indonesia.&l
MATATELINGA, Medan- Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara mengandung nilai-nilai luhur yang harus melekat dan menjadi ciri bangsa Indonesia.



Nilai-nilai Pancasila harus menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara, serta harus mampu tercermin dalam aktivitas kehidupan sehari-hari seluruh rakyat Indonesia.


Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumatera Utara, Drs. H. Palit Muda Harahap, saat menjadi narasumber dalam Dialog Khusus Beranda Nusantara LPP RRI Medan, Rabu (22/6/2022) pagi, mengatakan Pancasila sangat selaras dengan budaya bangsa Indonesia. Menurutnya, semua sila dalam Pancasila menganjurkan dan mengandung makna kerukunan beragama.



“Jadi kerukunan itu sebetulnya adalah hubungan antar umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian dan saling menghargai kesetaraan pengamalan ajaran agama kita masing-masing,” kata Palit.


Palit mengungkapkan, saat ini pemahaman masyarakat terhadap Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sangat minim sehingga mudah dihasut oleh isu-isu tertentu.



Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD Gerakan Pembumian Pancasila Sumatera Utara, Dadang D. Pasaribu, M. Si., mengatakan praktik penerapan nilai-nilai Pancasila wajib diamalkan bukan hanya sekadar pengucapan belaka, khususnya yang menjadi pokok sasaran utama adalah teman-teman muda, pelajar dan remaja milenial.



“Karena milenial kita ini pertahanan terakhir dari bangsa ini. Teman-teman ini perjuangannya berat karena dia diperangi oleh media sosial, diperangi oleh seluruh perangkat teknologi,” jelas Dadang.


Dadang menjelaskan bangsa Indonesia saat ini bergantung kepada kaum muda. Namun menurutnya, bila remaja tidak mampu mengamalkan dan mengimplementasikan makna dari butir-butir Pancasila, maka Indonesia berisiko kehilangan generasi penerus.



Dalam kesempatan itu, salah seorang pendengar yang hadir, Regi, bertanya mengenai bagaimana agar Pancasila dapat membentengi kaum muda dari budaya luar yang saat ini mudah sekali masuk melalui media sosial. Menanggapi hal itu, narasumber Palit mengatakan dengan mengamalkan dan bertindak yang didasari pada nilai Pancasila, maka dengan sendirinya diri akan terbentengi dari pengaruh buruk.


Penulis
: Mtc/rel
Editor
: Amrizal
Tag:Indexmatatelinga.commatatelinga comnilai pqncasilapqncasilaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.