Berita Sumut

Pelanggaran HAM Terus Dipertontonkan PT SMGP, Pemerintah Masih Saja Diam Membisu

putra
Matatelinga.com
Bupati menjenguk korban dugaan gas beracun di rumah sakit.

MATATELINGA, Medan : Kebocoran gas PT Sorik Marapi Geothermal Power untuk kesekian kalinya kembali terjadi di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi pada tanggal 27 September 2022 sekitar pukul 18.00 WIB, diketahui berdasarkan pemberitaan DetikSumut tertanggal 28 September 2022 akibat kejadian tersebut sebanyak 79 orang warga harus dilarikan ke RSUD Panyabungan dan RS Permata Madina untuk mendapatkan perawatan intensif setelah mengalami keracunan gas Hidrogen Sulfida (H2S) yang diduga disebabkan oleh aktivitas PT SMGP.

Diketahui peristiwa keracunan tersebut terjadi setelah warga yang sedang beraktivitas disekitar PT SMGP menghirup bau busuk yang diduga bersumber dari salah satu sumur produksi, akibatnya warga mengalami mual dan muntah, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Kejadian keracunan tersebut merupakan kali keenam sejak kehadiran PT SMGP di Desa Sibanggor Julu dan sekitarnya,

Dimana pada tanggal 25 Januari 2021 kebocoran gas menyebabkan 5 orang tewas dua diantaranya anak-anak dan sekitar 49 orang lainnya harus dilarikan ke rumah sakit, pada tanggal 6 Maret 2022 kebocoran gas menyebabkan sebanyak 58 orang harus mendapatkan perawatan di rumah sakit, pada tanggal 24 April 2022 kebocoran gas kembali terjadi dan menyebabkan 21 orang harus dirawat di rumah sakit, sedangkan pada tanggal 16 September 2022 kebocoran gas menyebabkan 8 orang harus dilarikan ke rumah sakit. Sehingga berdasarkan hal tersebut, sudah ratusan lebih korban yang mengalami keracunan sejak perusahaan ini menginjakkan kaki di daerah tersebut.

LBH Medan menilai peristiwa kebocoran gas yang terus terjadi dan menyebabkan banyak jatuh korban jiwa tersebut secara tidak langsung menunjukkan ketidakprofesionalan PT SMGP sebagai salah satu objek vital nasional. Disamping itu, hal ini menunjukkan adanya pembiaran oleh Aparat Penegak Hukum terhadap kejahatan lingkungan yang terus berlanjut tanpa adanya tindakan yang signifikan. Kebocoran gas yang terus terjadi tentunya telah menyebabkan ketakutan dan keresahan ditengah masyarakat,

Penulis
: Mtc
Editor
: Putra
Tag:Gasmadinapelanggaran hamSmgpGas Beracunlbh medanmadinaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.