Berita Sumut

BBM Langka, Nelayan di Asahan Angkat Bendera Putih Karena Tidak Bisa Melaut

Faeza
Amrizal/Matatelinga.com
Para nelayan di Desa Silo Baru, Silau Laut, Asahan, Sumatera Utara mengibarkan bendera pu
MATATELINGA, Asahan: Para nelayandi Desa Silo Baru, Silau Laut, Asahan, Sumatera Utara mengibarkan bendera putih. Aksi ini mereka lakukansebagai bentuk protes mereka dengan kondisi langkanya BBM terutama solar di sana.


Awalludin, salah seorang nelayang mengatakan akibat kelangkaan BBM, banyak para nelayan terpaksa tidak melaut


"Kami sudah merasa jenuh karena kelangkaan BBM ini. Banyak dari kami yang tak melaut karena BBM langka. Makanya kami mengibarkan bendera putih ini, menyatakan bahwsanya kami jemu dengan keadaan ini," ungkap Awalludin Samosir, Jumat (15/10/2021).


Dirinya bersama nelayan lainnya berharap, situasi kembali normal. Dimana mereka mudah mendapatkan BBM. Sehingga mereka bisa melaut seperti biasanya.


"Kalau BBM ini tidak susah, kami bisa melaut seperti biasa dan pulang hari. Tapi saat ini kami kesulitan mendapatkan BBM. Kadang dua hari baru ada," imbuhnya.


Lanjut Awalludin, Kalau pun BBM nya tersedia, mereka harus merogoh kocek yang dalam. Pasalnya, harga BBM jenis solar naik. Penyebabnya, pembelian dengan jeriken dibatasi.


"Terlalu mahal harganya, dikarenakan mereka itu along-along itu cukup sulit disana. Ada pengawalan, ada hal lain. Sehingga kesulitan mereka mendapatkan minyak itu. Jarak spbu dari sini jauh, sekitar 20 km. jadi kami selalu beli minyak dari along-along. Sementara mereka terkendala mendapatkan minyak karena razia," ungkap Awalludin.


Kondisi seperti ini pun sudah berlangsung selama satu bulan. Selama ini mereka bergantung pada along-along dan SPBU Air Joman.


"Kami 500 lebih nelayan disini bergantung pada SPBU di Air Joman itulah. Jadi kalau ada kesulitan disana, kami nelayan disini gak bisa kelaut. Karena kami gak punya ladang bang, laut inilah nelayan kami," tandasnya. (mtc/ism)

Penulis
: Ism
Editor
: Ism

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.