Ekonomi

Kenaikan Suku Bunga The Fed, Harga Minyak Melemah Hingga 2%

rizky
Hand over
Ilustrasi
MATATELINGA. New York - Harga minyak tertekan kekhawatiran investor atas kemungkinan kenaikan suku bunga The Fed yang lebih cepat dari perkiraan. Hal ini menekan pasar-pasar berisiko seperti ekuitas, sementara dolar menguat. Harga minyak melemah hingga 2% pada akhir perdagangan Senin.



Saham-saham jatuh sementara dolar naik ke level tertinggi dua minggu terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada Senin (24/01/2022), terangkat oleh ketegangan antara Rusia dan Barat atas Ukraina dan kemungkinan sikap yang lebih hawkish dari The Fed minggu ini.


Ketegangan di Ukraina telah meningkat selama berbulan-bulan setelah Rusia mengumpulkan pasukan di dekat perbatasannya, memicu kekhawatiran gangguan pasokan di Eropa Timur.

Baca Juga:Bobby Nasution Kukuhkan Pengurus Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan

Di Timur Tengah, Uni Emirat Arab mencegat dan menghancurkan dua rudal balistik Houthi yang menargetkan negara Teluk itu pada Senin (24/01/2022) setelah serangan mematikan seminggu sebelumnya.


Eskalasi lebih lanjut dari situasi di Ukraina dan Timur Tengah "membenarkan premi risiko pada harga minyak karena negara-negara yang terlibat - Rusia dan UEA - adalah anggota penting OPEC+," kata analis Commerzbank, Carsten Fritsch.



Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Maret turun USD1,62 atau 1,8% menjadi USD86,27 per barel. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Maret jatuh USD1,83 atau 2,2% menjadi USD83,31 per barel.


Kedua harga acuan minyak telah naik untuk minggu kelima berturut-turut minggu lalu, melonjak sekitar 2,0% untuk mencapai level tertinggi sejak Oktober 2014. Sedangkan harga minyak naik lebih dari 10% sepanjang tahun ini di tengah kekhawatiran atas pengetatan pasokan dan OPEC+ sekarang berjuang untuk mencapai target kenaikan produksi bulanan 400.000 barel per hari.


Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:harga minyakHarga Minyak MelemahMatatelingaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.