Ekonomi

Bansos Akan Kembali Disalurkan pada Tahun 2022 ini, Segini Besarannya

rizky
Hand over
Ilustrasi
MATATELINGA. Jakarta - Dampak virus Covid 19 sungguh benar benar terasa bagi seluruh kalangan. Atas hal itu pemerintah pusat kian gencar untuk mencari solusi akan hal dampak tersebut. Solusi pemberian bansos pun di pilih guna meringakan beban para warga terdampak Covid -19.



Bansos termasuk ke dalam anggaran perlindungan sosial (perlinsos) yang tercantum di anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022 sebesar Rp414 triliun. Alokasinya, antara lain untuk BLT Desa, Kartu Prakerja, Kartu Sembako, hingga Program Keluarga Harapan (PKH). Bansos akan kembali disalurkan pada tahun 2022 ini.


Baca Juga:Pembenahan Infrastruktur Butuh Sosok Tegas Seperti Bobby Nasution

Terdapat fakta-fakta terkait bansos 2022. Pertama, empat program baru dalam PEN 2022 telah disetujui Presiden Jokowi. Keempat bansos baru tersebut adalah subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat, (KUR), perluasan serta penyaluran program BT-PKLW, insentif PPN DTP, dan insentif PPnBM DTP untuk otomotif.



Adapun bansos yang disalurkan tahun ini adalah BLT Desa, Kartu Prakerja, Kartu Sembako, Bansos PKH, hingga Dukungan Program Kehilangan Pekerjaan. Menkeu Sri Mulyani menyebut, anggaran bansos bakal dipakai untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kartu Sembako kepada 18,8 juta KPM. Seperti dikutip dari Okezone, Senin (10/01/2022).


Kemudian, fokus PEN sendiri di tahun ini meliputi bidang kesehatan, perlindungan masyarakat, dan penguatan pemulihan ekonomi. Anggaran untuk bidang kesehatan dan perlindungan masyarakat masih akan disesuaikan dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:Bansos Akan Kembali Disalurkan pada Tahun 2022 iniMatatelingaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.