Berita Sumut

Kasus Korupsi Mesin Giling Padi Kelompok Tani TM, Kejatisu Panggil 6 Saksi

putra
Matatelinga.com
Mesin giling padi yang terkait kasus korupsi.

MATATELINGA, Medan : Terkait dugaan kasus korupsi pengadaan mesin penggiling dan alat pengering padi yang diserahkan kepada kelompok tani TM di desa Air Itam Kecamatan Datuk Limapuluh, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, Kejati Sumut sudah memanggil 6 orang untuk dimintai keterangan.

Hal inindiakui Sumber di Asisten Intel (Astel) Kejatisu dihubungi lewat telepon seluler, Kamis (29/9/2022) . Ia membenarkan pihaknya telah memanggil dan mengambil keterangan 6 orang yang diduga berkaitan dengan pengadaan mesin penggiling padi dan alat pengering padi.

Keenam orang yang telah dipanggil dan diperiksa diantaranya Kadis Pertanian, PPK, PPTK, Ketua Gapoktan TM , Kepala Desa dan oknum pembuat proposal pengadaan mesin penggiling padi dan alat pengering padi.

Namun sumber di Astel Kejatisu menolak menyebutkan nama-nama yang dipanggil dan diperiksa. Hanya saja, menurut sumber yang sama tidak tertutup kemungkinan pihaknya masih akan memanggil dan memeriksa pihak-pihak lain yang diduga berkaitan dengan masalah tersebut.

Pemanggilan tersebut dilakukan menindaklanjuti pengecekan lapangan dan pengambilan keterangan yang dilakukan pejabat Astel Kejatisu di Kilang Padi yang sampai saat ini tidak dioperasikan, Kamis (1/9/2022).

Pada pengecekan lapangan tersebut yang juga disaksikan wartawan dari komunitas Wappress selaku pengadu, terlihat Sekretaris Dinas Pertanian yang saat pengadaan pengadaan mesin penggiling padi dan alat pengering padi bertindak selaku PPK, Ketua Gapoktan T M dan Kepala Desa Air Hitam.

Menanggapi respon positif Kejatisu atas laporan Wappress, Kabid Investigasi Wappress Darman memberi apresiasi. "Kita apresiasi langkah Kejatisu yang telah turun melakukan pengecekan lapangan dan memanggil serta memeriksa 6 orang terkait pengadaan pengadaan mesin penggiling padi dan alat pengering padi yang diduga telah menimbulkan kerugian negara", kata Darman.

Penulis
: Mtc/kmc
Editor
: Putra
Tag:Kabupaten BatubaraKecamatan Datuk LimapuluhKejati SumutKelompok tani TMprovinsi sumatera utaradesa Air Itammemanggil 6 orang

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.