Internasional

Soal Perang Nuklir, Rusia Komentari Pernyataan Bersama Lima Negara

rizky
Hand over
Presiden Rusia, Vladimir Putin
MATATELINGA. Moskow - Terjadi di tengah situasi keamanan internasional yang sangat tegang dan memanas. Pernyataan bersama oleh China, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) tentang tidak dapat diterimanya penggunaan senjata nuklir merupakan tonggak penting.



“Rusia dengan tegas percaya bahwa tidak ada pemenang dalam perang nuklir, dan itu tidak boleh dilepaskan. Kami secara konsisten mempromosikan gagasan untuk menegaskan prinsip ini oleh semua 5 negara nuklir,” papar juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia Maria Zakharova. “Moskow adalah pendorong utama di balik pernyataan itu,” papar Zakharova.


Dia menambahkan bahwa itu pada awalnya dirancang untuk diresmikan selama konferensi ke-10 tentang non-proliferasi.


Baca Juga:Serang Jalur Gaza, Dua Rudal Rusia Nyaris Hantam Helikopter Militer Israel

Pertemuan itu akan dimulai di New York pada Selasa (4/1/2022), tetapi telah ditunda karena situasi virus corona di Amerika Serikat.


“Demonstrasi persatuan yang jarang ditunjukkan oleh kekuatan nuklir sangat penting di tengah situasi keamanan internasional yang memburuk,” ujar Zakharova.



Dia mengungkapkan harapan bahwa pernyataan itu akan berkontribusi pada stabilitas global. Seperti dikutip dari Sindonews, Selasa (4/1/2022).


“Kami berharap bahwa dalam lingkungan keamanan internasional yang rumit saat ini, persetujuan pernyataan politik seperti itu oleh para pemimpin kekuatan nuklir akan membantu mengurangi tingkat ketegangan internasional dan mengekang perlombaan senjata,” ungkap dia.


Rusia mengungkapkan hal itu sebagai komentar resmi tentang pernyataan 5 negara tersebut.


Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:MatatelingaMOSKOWRusia Komentari Pernyataan Bersama Lima NegaraTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.