Berita Sumut

Kelilingi Desa Bukit Lawang dan Desa Timbang Lawan Musa Rajekshah Penataan jadi Fokusnya

rizky
james/matatelinga.com
Musa Rajekshah berkeliling melihat potensi Desa Bukit Lawang dan Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Kamis (18/11/2021)
MATATELINGA. Langkat - Berada di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Kamis (18/11/2021). Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah didampingi penggiat wisata, anggota DPRD Sumut hingga Dewan Riset dan Inovasi Daerah berkeliling melihat potensi Desa Bukit Lawang dan Desa Timbang Lawan. Sebagai wujud komit kembangkan wisata Bukit Lawang.



Dari tinjauan ini, lanjut Ijeck, banyak yang perlu diperbaiki. Penataan bendungan, irigasi, jembatan, tata kios-kios souvenir yang menutup pemandangan sungai dan pulau-pulau sungai di sekitar Bukit Lawang menjadi fokusnya.


"Pulau-pulau sungai yang ada jembatan kayu dibikin warga ini juga mesti diperhatikan, khususnya bagi kecamatan yang jadi perpanjangan tangan Pemkab. Mohon maaf ini saya membahas ini bukan untuk menutup rezeki masyarakat, justru masyarakat ikut berperan. Pulau ini kalau pengunjung rame pasti jadi tempat untuk makan-makan dan kalau sudah makan pasti ada sampah, padahal kalau kita buat penghijauan akan lebih bermanfaat," ujar Ijeck, yang membawa catatan perjalanannya saat rapat Konsep Pengembangan Ekowisata Tangkahan-Bukit Lawang di Jungle Inn.


Baca Juga:Ribuan Rumah Terkena Banjir, Kapoldasu, Gubsu dan Kasdam Tinjau Kelapangan

Bangunan di pinggir sungai, lanjutnya, juga harus ditertibkan atau ada beberapa area yang dibebaskan. "Paling tidak adalah spot-spot yang terbuka sehingga pengunjung datang langsung bisa melihat sungai karena kita mau jual sungai di sini," ujarnya.


Mengelilingi desa, pria yang akrab disapa Ijeck ini melihat deretan penginapan, dan camping ground yang saat ini diaktifkan menjadi lapangan sepakbola, karena sudah sepi dikunjungi wisatawan. Apresiasi juga diberikan Ijeck atas jembatan yang dibangun warga dan bank sampah yang dikelolah Hanzala Rangkuti dari Project Wings Sumatera.



Ia juga mencatat permintaan warga terkait bendungan atau dam, jembatan hingga mencatat perbaikan sarana dan prasaran, tata ruang hingga normalisasi goa. "Bukit Lawang ini Kecamatan Bahorok yang juga ada beberapa desa lainnya. Setelah saya berkeliling melihat potensi apa yang ada di desa -desa, kita menjadi tahu apa yang mau dilakukan agar desa di sini bisa menjadi desa destinasi wisata unggulan," ujarnya.


Selain itu, untuk goa juga harus dilakukan pembenahan. "Tadi saya melihat goa, kita mau jual goa eh masuk yang dilihat pertama itu toilet. Jadi mohon ini perlu ada pembenahan dan bagaimana edukasi kita ke masyarakat," ujarnya.


Penulis
: James
Editor
: Rizky
Tag:Kelilingi Desa Bukit Lawang dan Desa Timbang Lawan Musa Rajekshah Penataan jadi FokusnyaLangkatMatatelingaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.