Berita Sumut

Buruh Demo Gubsu Minta UMP 2022 di Sumut Direvisi

Faeza
Ism/matatelinga
Buruh Demo Gubsu Minta UMP 2022 di Sumut Direvisi
MATATELINGA, Medan: Ratusan buruh dari berbagai serikat buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro Medan, Senin (6/12). Dalam aksi tersebut, buruh mendesak agar Gubsu merevisi penetapan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumatera Utara 2022 yang hanya naik 0,93 persen.


Salah satu koordinator aksi dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumatera Utara Willy Agus Utomo mengatakan bahwa para buruh meminta agar Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi merevisi kenaikan UMP tersebut.


"Kami menolak penetapan UMP oleh Gubernur Sumut dan meminta agar UMP direvisi dan dinaikkan menjadi 7 hingga 10 persen," katanya.



Selain itu, massa juga meminta agar Edy Rahmayadi peduli terhadap kalangan buruh. Kenaikan UMP yang hanya 0,93 persen menurut mereka merupakan bentuk tidak berpihaknya Edy Rahmayadi terhadap mereka yang semakin susah akibat kondisi ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.


"Karena itu, tahun 2022 kaum buruh seharusnya menerima upah yang lebih baik. Apalagi tahun sebelumnya tidak ada kenaikan UMP di Sumatera Utara di mana saat itu Gubernur Edy beralasan hal itu karena pandemi Covid-19," ucap Willy.


Aksi buruh menyebabkan kepolisian mengalihkan arus lalu lintas ke sejumlah ruas jalan lain di seputar lokasi untuk menghindari kemacetan. (mtc/ism)

Penulis
: Ism
Editor
: Ism

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.