Berita Sumut

Maling Rumah Zakat Beserta Perantara dan Penadahnya

Administrator
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan: Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Utara (Sumut) melakukan penangkapan terhadap pelaku maling rumah zakat di Jalan Setia Budi, Medan Sunggal bersama perantara dan penadahnya dalam upaya pengungkapan kasus dalam sepekan terakhir ini.





[adx]


Ketiganya berinisial, MZ ,36, warga Jalan Setia Budi Gang Ampera Medan Sunggal (pelaku utama), AP ,37, warga Jalan DI Panjaitan Medan Baru (perantara), dan NA alias Ambi ,35, warga Jalan Ksatriaan Medan Sunggal (penadah).

Baca Juga:  Peras Pegawai Kantor Dinas Perikanan, Oknum Ketua Aktifis Asahan di OTT Polisi



Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian menyampaikan, dari para pelaku juga diamankan sejumlah barang bukti, yakni 1 laptop, 2 kamera Canon, notebook, nano spray, kunci T, gembok, senter, STNK mobil dan motor, 9 lembar surat gadai, dan tas sandang. Selain itu juga terdapat uang tunai, senilai Rp 4,7 juta.

"Kerugian rumah zakat ditaksir mencapai Rp 25 juta," ungkapnya didampingi Wadir AKBP Donald Simanjuntak dan Kasubdit III/Jatanras AKBP Maringan Simanjuntak saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Senin (5/8/2019).

[adx]





Tambah Andi Rian menjelaskan, pelaku melakukan aksinya ketika melihat rumah zakat sedang dalam keadaan sunyi. Sehingga niat jahatnya pun muncul untuk membawa kabur barang-barang berharga dari tempat tersebut.

"Pelaku masuk dari arah belakang dengan cara memanjat tembok, dan masuk kedalam rumah zakat melalui jendela yang tidak memakai jerjak," jelasnya.

Selanjutnya pihak rumah zakat yang mengetahui hal ini, atas nama Yunus langsung mengadukannya ke Polda Sumut. Hasilnya, tak beberapa lama kemudian MZ berhasil ditangkap beserta perantara dan penadahnya.

"Setelah berhasil melakukan pencurian, tersangka MZ meminta tolong tersangka Arif untuk menjual barang-barang milik rumah zakat kepada Nur Amri," akunya.

Sementara itu, ketiga pelaku ini tak dapat berkata-kata, terutama MZ saat ditanyakan alasan dan pemanfaatan uang hasil kejahatannya. Mereka hanya tertunduk lesu, seolah menyesali perbuatan yang telah dilakukan.

Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Tag:bliblikriminalkrimum PoldasuMaling ZakatMatatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkiniTravelokarumah zakat dimaling

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.