Berita Sumut

Ombudsman Minta Dinas PKP2R Medan Segera Bayarkan Ganti Rugi Lahan RTH Asoka

Administrator
Mtc/ist
MATATELINGA, Medan- Ombudsman RI Perwakilan Sumut meminta Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) untuk segera membayarkan ganti rugi kepada pemilik lahan yang sudah ditetapkan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) di Jalan Asoka, Medan Sunggal.



Ini merupakan saran korektif yang disampaikan Ombudsman dalam Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) Ombudsman atas laporan dugaan maladministrasi penundaan berlarut pembayaran ganti rugi RTH Asoka yang dilaporkan oleh Halimah Sembiring dan Sunardi.


Dari 16 persil lahan yang masuk dalam rencana pembangunan RTH di Jalan Asoka, Dinas PKP2R baru membayarkan ganti rugi kepada pemilik 3 persil lahan dengan totak ganti rugi sebesar Rp 13 miliar.


Sementara lahan selebihnya belum dibayarkan. Persoalan ini kemudian dilaporkan ke Ombudsman yang kemudian melakukan serangkaian klarifikasi dan kajian hingga menerbitkan LAHP.


LAHP ini diterima oleh Plt Kadis PKP2R Medan Tondi Nasution di Ombudsman, Senin (26/7/2021).


"Dalam laporannya (LAHP) kita harusmengevaluasi kembali dan mengajukan juga ke pimpinan kita terhadap pembayaran ganti rugi," kata Tondi menjawab wartawan usai penyerahan LAHP.


Tondi mengatakan, bahwa Dinas PKP2R sudah mengajukan pembayaran ganti rugi RTH Asoka untuk mendapat persetujuan Wali Kota Medan. Sampai sekarang, mereka masih menunggu petunjuk Wali Kota.


Menurut dia, tidak ada kendala dalam pembayaran ganti rugi itu. Hanya saja memang terjadi penundaan pembayaran dari yang sebelumnya direncanakan pada 2020, namun tertunda ke 2021.


"Sudah proses untuk ganti rugi, tapi mungkin dalam waktu dekat," katanya.


"Kita lihat nanti. Kita harapkan bisa diselesaikan tahun ini," paparnya.


Penulis
: Mtc/rel
Editor
: Amrizal
Tag: Kota Medan Matatelinga.com.matatelinga.com/matatelinga.com Matatelinga comOmbusdmab sumutTerkiniSumut

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.