Aceh

Wanita Mualaf Kelurag Kurang Mampu di Vonis Kunker Payudara, di Rujuk ke RSUCM

Administrator
Hand Over
MATATELINGA, Lhoksukon: Divonis mengidap kanker payudara Nurjanah (33), mualaf dari keluarga kurang mampu asal Gampong Alue Buya, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara, yang sebelumnya terbaring sakit di rumahnya kini sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Cut Mutia (RSUCM) di Buket Rata, Lhokseumawe, Rabu siang.





"Setelah kita koordinasi dengan pihak Puskesmas Baktiya dan mendapat respons yang baik, maka ibu Nurjanah langsung dijemput oleh petugas Puskesmas dengan ambulans pada Selasa malam," kata Muhammad Sufli di Aceh Utara.



Sakit yang diderita Nurjanah bertambah parah pada Selasa (17/11/2020) siang, karena terus merintih kesakitan maka Keuchik (Kepala desa) Alue Buya Muhammad Sufli bersama warganya berinisiatif membawa ibu empat anak itu ke Puskesmas Baktiya.


Setelah sempat dirawat inap di Puskesmas satu malam, kemudian Nurjanah dirujuk ke RSUDCM untuk mendapatkan perawatan intensif pada siang tadi.


Pihaknya juga akan melakukan upaya-upaya guna membantu meringankan sedikit beban keluarga Nurjanah, meski demikian Sufli juga berharap agar adanya dermawan yang ingin membantu keluarga ibu empat anak itu untuk biaya pendamping selama dia berobat.


"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah ikut membantu keluarga Nurjanah, mudahan dapat segera sembuh," ucapnya.


Sementara pihak UPTD Puskesmas Baktiya membenarkan bahwa Nurjanah telah dirujuk ke RSUDCM di Buket Rata, Lhokseumawe.


"Kita langsung ambil tindakan untuk merujuknya, ke RSUDCM. Sebelum dibawa tadi, kita juga menyalurkan sedikit sumbangan dari hasil penggalangan di Puskesmas untuk kebutuhan biaya pendamping," kata Kepala Puskesmas Baktiya Munarianto SKM, MKM.


Pihaknya berharap agar sumbangan tersebut dapat bermanfaat dan sedikit meringankan beban yang dihadapi keluarga Nurjanah.


"Mudahan dapat terbantu hingga beberapa hari untuk biaya pendamping selama dia dirawat di rumah sakit nantinya," sebut Munarianto.


Diberitakan sebelumnya, Nurjanah (33), ibu rumah tangga yang juga mualaf dari keluarga kurang mampu di Gampong Alue Buya, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara yang divonis mengidap kanker payudara membutuhkan uluran tangan dermawan.


Berdasarkan keterangan suaminya, Ismail (43), sakit yang diderita istrinya ini sebenarnya sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir.


Namun saat itu sudah sembuh pascadibawa ke rumah sakit di Banda Aceh dan menjalani operasi atas dukungan dan bantuan pihak pekerja sosial Aceh dan warga setempat serta pihak terkait lainnya kala itu.


Dalam beberapa bulan terakhir ini, penyakitnya kambuh lagi hingga mengeluarkan nanah, tetapi Nurjanah tidak lagi dibawa ke rumah sakit karena terkendala biaya untuk kebutuhan pendamping selama dia akan dirawat secara intensif di rumah sakit.

Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Sumber
: Ant
Tag:Banda AcehmualafRSUCMbliblidivonis kunker payudaraIndexmatatelinga.commatatelinga comTerkiniTraveloka

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.