Aceh

Registrasi Sosial Ekonomi, BPS Canangkan Desa Cantik di Pidie

rizky
Isa/matatelinga.com
BPS Kabupaten Pidie, Aceh lakukan rapat koordinasi pendataan awal registrasi sosial ekonomi dan pencanangan desa cinta statistik (Desa Cantik) di Kabupaten Pidie tahun 2022, Senin (26/09/2022)
MATATELINGA, Sigli : Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pidie, Aceh melakukan rapat koordinasi pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) dan pencanangan desa cinta statistik (Desa Cantik) di Kabupaten Pidie tahun 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Safira Blang Paseh Kecamatan Kota Sigli, Senin (26/09/2022).



Asisten ll Setdakab Pidie Ir H Tarmizi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya dalam mewujudkan amanat Undang-Undang Statistik Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik, serta dalam rangka mewujudkan ketersediaan data penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia.


Ia berharap dengan kegiatan ini dapat memahami lebih dekat mengenai arti penting data, sehingga dengan kesadaran dan tanggungjawab penuh secara aktif mensukseskan agenda pemerintah.


Baca Juga:Edy Rahmayadi Tekankan Pentingnya Sinergi Tiap Instansi Majukan Transportasi Sumut

Tarmizi menjelaskan, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang satu data Indonesia, yang didasari oleh dorongan atas kebutuhan terhadap data yang valid dan akuntabel, termasuk dalam pembangunan yang membutuhkan data-data akurat agar hasil pembangunan tepat sasaran.


"Gampong (Desa) memegang peranan penting sebagai subjek pembangunan yang juga menjadi basis sumber daya manusia dan sumber daya alam yang perlu diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.



Ia menambahkan, gampong yang selama ini hanya menjadi obyek pendataan, sering dimintai data namun tidak pernah mendapatkan output hasil data, saat ini sudah seharusnya mampu mengubah keadaan tersebut dengan memposisikan diri sebagai produsen data, sekaligus sebagai pemanfaat data dalam membangun gampongnya sendiri.


Penulis
: Isa
Editor
: Rizky
Tag:AcehBPSBadan Pusat StatistikDesa CantikKabupaten PidieMatatelingasigliTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.