Opini

Spirit Nuzulul Qur’an ; Sumber Inspirasi dan Motivasi

Faeza
Mtc/ist
S Hanafi Siregar, Dosen FEBI UINSU / Alumni HMI Fakultas Syariah UINSU
MATATELINGA : Nuzulul Quran memiliki makna khusus bagi umat Muslim. Peristiwa diturunkannya Al Qur’an secara utuh dari Lauhul Mahfuzh di langit ketujuh, ke Baitul Izzah di langit dunia pada Bulan Ramadhan, sebagai petunjuk bagi manusia (antara yang hak dan yang batil), Qs. Al Baqarah: 185.


Momen ini mengingatkan setiap Muslim untuk terus merenungkan dan mengamalkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Mengisi malam Nuzulul Quran dengan sejumlah amalan seperti berdzikir, memperbanyak itikaf, memberbanyak sholat malam, serta istiqomah membaca Al-Qur’an dan mengkhatamakannya selama Ramadhan.


Al Qur’an merupakan petunjuk kehidupan untuk menggiring proses kearah yang lebih baik dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Mempelajari dan mengajarkan Al-qur‘an tidak terbatas pada konteks bacaan saja. tetapi mengamalkan nilai Al Qur’an secara menyeluruh akan menuntun kita menjadi umat Islam yang bertaqwa kepada Allah SWT.



Spirit Nuzulul Qur’an adalah sarana memotivasi diri untuk mentadabbur Al-Qur’an sehingga timbul kecintaan yang akan mengantarkan setiap individu muslim pada tingkat ketaqwaan yang terbaik kepada Allah.


Al Qur’an tidak hanya berisi hal-hal yang bersifat keagamaan serta mengandung pokok-pokok ajaran agama yang meliputi akidah, syariat, akhlak dan mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia, tetapi juga isyarat-isyarat tentang Ilmu pengetahuan dan teknologi juga tercakup di dalamnya.


Hal itu menjadi inspirasi dan motivasi bagi umat Islam untuk mengembangkan berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik sosial, teknik, politik, ekonomi, maupun genetika.


Al-Qur’an sebagai ‘kitab induk’ panduan ilmu pengetahuan untuk memajukan manusia, melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ayat-nya diturunkan secara bertahap oleh Allah bertujuan agar hukum dan aturan yang terkandung di dalamnya dapat ditetapkan secara evolutif sesuai kondisi sosio-kultural masyarakat.



Membawa misi perubahan yang memungkinkan masyarakat mewujudkan peradaban baru berkat kemampuannya mengembangkan iptek dan pengamalan hukum-hukum Ilahi, baik yang termaktub dalam kitab suci maupun yang terbentang di alam raya.


Ramadhan adalah Bulan Al-Qur’an, kita perbanyak membaca Al-Quran, mempelajari dan memahaminya (tadabur), sehingga senantiasa terhubung dengan Allah SWT. Sehingga mampu memberikan spirit, inspirasi, dan motivasi dalam kehidupan, sebagai mukjizat dan rahmat bagi manusia dan alam. Khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini, selalu berdoa memohon pertolongan Allah SWT agar wabah virus yang menyerang umat manusia saat ini, segera diangkat Allah SWT. “Wallahualam Bissawab”


Semoga peringatan malam Nuzulul Quran kali ini akan menjadi motivasi bagi kita semua dalam meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT.


Penulis :

Syafruddin Hanafi Siregar

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSU / Alumni HMI FSH-FEBI UINSU

Penulis
: Syafruddin Hanafi Siregar
Editor
: Faeza

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.