Opini

Dari Acara Family Gathering PWI Sumut, Kemesraan Ini Janganlah Cepat Berlalu

Administrator
Matatelinga.com

"Dari Acara Family Gathering PWI Sumut, Kemesraan Ini Janganlah Cepat Berlalu"

Wartawan juga manusia, butuh istirahat, butuh refresing dan bersosialisasi. Sepertinya, ungkapan ini bisa jadi salah satu alasan Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara (PWI Sumut) menggelar kegiatan Family Gathering atau istilah umumnya rekreasi bersama atau kumpul bersama mempererat tali silaturahmi antar sesama wartawan yang sehari-hari bertugas meliput, menulis dan melaporkan setiap peristiwa.



Kebersamaan yang terjalin antar sesama anggota PWI Sumut yang dibungkus dalam acara Family Gathering ini rasanya janganlah cepat kali berlalu. Tapi, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik menyampaikan bahwa acara serupa kiranya menjadi agenda tetap PWI Sumut dalam menjalin tali silaturahmi antara wartawan dan keluarganya.


Pada acara Family Gathering PWI Sumut di Theme Park, Pantai Cermin, Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu (4/6/2022) lalu memberi kesan tersendiri saat Sumut 1, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi hadir dan mengajak Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) bersama-sama ikut membenahi perekonomian Sumatera Utara.


“Apapun hiburan yang mau dibuat, kalau perekonomian tidak baik, tidak ada gunanya,” kata Gubsu saat memberi sambutan.



Lebih lanjut, mantan Pangkostrad itu menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Sumut pada semester 1 tahun 2022 sebesar 3,90 persen. Di bulan yang sama tahun 2020 sebesar 5,12 persen. Sedangkan posisi 6 bulan lalu atau Januari 2022 berada di posisi 3,16 persen.


“Dalam posisi 5,12 persen, kehidupan saja sulit, apalagi di posisi itu. Jadi, semua harus bergandengantangan memulihkan perekonomian. Kita targetkat perekonomian kita berada di posisi sebesar 7 persen. Kalau di posisi itu, maka UMR bisa Rp5 juta dan kita bisa senyum,” katanya.


Edy Rahmayadi memiliki niat yang tulus untuk membangun Sumut lebih baik, karena Sumut kaya dan memiliki potensi luar biasa.


"Demografi kita menjanjikan, tapi kita belum sejahtera," katanya.


Gubsu Edy Rahmayadi berharap agar wartawan terus mengawal pembangunan di Sumut, sebab wartawan menjadi instrumen penting pembangunan, terutama dalam penyebarluasan informasi.


Edy juga mengingatkan, agar wartawan Sumut memiliki ikatan yang kuat, tidak terpecah belah. Tetap menjaga profesionalitasnya.

"Bekerjalah profesional dan independen," kata Edy Rahmayadi.


Apa yang menjadi harapan Gubernur Sumatera Utara kepada wartawan di Sumut agar ikut serta dalam mengawal pembangunan di Sumut perlu mendapat garis bawah atau penekanan agar wartawan memiliki kepekaan dalam melakukan peliputan dan penulisan karya jurnalistiknya.


Harapan itu juga disampaikan Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik. Family Gathering yang di laksanakan merupakan wujud silaturahmi wartawan untuk saling mengenal di antara keluarga besar PWI.


"Tidak hanya saling mengenal, tapi dengan kegiatan ini wartawan bisa saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman dalam menjalankan tugas jurnalistiknya," kata Farianda.


"Kepada kawan-kawan jangan hanya membuat berita jelek saja, tapi juga berita bagus. Gubsu butuh dukungan PWI terhadap apa yang sudah di laksanakan,” papar Farianda.


Hari Pers Nasional


Dalam perbincangan khusus dengan Farianda, apa yang menjadi harapan Gubsu harus didukung penuh oleh seluruh elemen, khususnya jurnalis di Sumut. Karena, tahun depan (2023) Sumut menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional.


Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 diharapkan dapat memberi nuansa cipta kondisi positif dan pembangunan bagi Sumatera Utara (Sumut) yang sudah resmi dinyatakan sebagai tuan rumah penyelenggara.


Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa peringatan HPN memiliki arti penting. Karenanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mendukung pelaksanaan event nasional tersebut. Gubernur berharap persiapan kegiatan harus matang dan manfaatnya tidak hanya bagi kemajuan dan perkembangan pers, tetapi juga bagi masyarakat khususnya di Sumut.


Menurut Farianda, dengan menjadi tuan rumah pelaksanaan HPN 2023, wartawan Sumut telah ikut berkontribusi dalam mendukung pergerakan roda perekonomian di Sumut. Paling tidak, dengan kehadiran utusan dari berbagai daerah akan menghidupkan berbagai jenis usaha.


"Mulai dari penginapan, makanan, oleh-oleh atau cenderamata dan aktivitas lainnya yang membuat perekonomian Sumut bergairah," kata Farianda.


Sementara Bupati Sergai Darma Wijaya dalam penyambutannya kepada seluruh keluarga besar PWI Sumut berharap wartawan menaikkan berita yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Kami ingin membangun daerah, jadi tolong konekkan agar kerja kami (Bupati dan Wakil Bupati) bisa mensejahterakan masyarakat,” katanya.


Family Gathering PWI Sumut sudah berlalu, akan tetapi jauh dilubuk hati seluruh anggota PWI Sumut yang hadir dalam kegiatan tersebut pasti masih menyisakan harapan, kapan lagi kegiatan serupa digelar.


Terutama pada saat acara hiburan dan lucky draw. Seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan itu terlihat semakin meriah saat beberapa dari yang hadir mendapatkan kulkas, sepeda lipat, televisi, smartphone serta hadiah lainnya.


Semoga kebersamaan yang telah terjalin dalam Family Gathering tidak cepat berlalu. Seperti lagu yang dikumandangkan Iwan Fals "Kemesraan ini janganlah cepat berlalu...."


Penulis Amrizal SH.,MH

Wakil ketua PWI Sumut

Penulis
: Amr
Editor
: Amrizal
Tag:PWI Sumutfamili cathringPemprovsuSumut

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.