Opini

Duh, Dekat dengan Bandara Internasional Tidak Kurangi Jumlah Pengangguran di Beringin

Faeza
mtc/net
MATATELINGA,Lubukpakam : Miris...!!. Kalimat itu sepertinya pantas disandang oleh sebagian besar masyarakat Kecamatan Beringin. Mengapa demikian?, ya!, meski ada terbangunnya Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA), tetap juga tidak mampu untuk mengurangi angka penggangguran bagi masyarakat di Kecamatan Beringin.

Memang, ketika mulanya Bandara KNIA itu dibangun pada tahun 2003 silam, lapangan kerja begitu terbuka luas untuk masyarakat disekitar bandara dalam pembangunan KNIA. Termasuk bagi masyarakat di Kecamatan Beringin.

Namun, nyatanya hanya bersifat semenatara alias tak bersifat jangka panjang, begitu bandara tersebut selesai dibangun pada tahun 2014, dan kini telah beroprasi selama tiga tahun (2017), para pekerja didalam Bandara KNIA, sebahagian besar dari daerah luar Deli Serdang, begitu informasi yang diperoleh matatelinga.com baru - baru ini dari masyarakat di kecamatan tersebut.

Realita tersebut, apakah merupakan kesalahan dari putra daerah setempat, atau memang ketidak seriusan pihak bandara untuk memberikan peluang lapangan kerja kepada masyarakat di Kecamatan Beringin. Atau apakah para putra daerah tidak memiliki konsep untuk bisa bekerja di Bandara KNIA.

Yang jelas, kesenergian diantara perusahan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dengan para tokoh pemuda, tokoh masyarakat disekitar Bandara KNIA tidak ada terjalin dengan baik, sehingga banyak masyarakat setempat tidak bisa diserap untuk mendapatkan peluang kerja didalam pengoprasian Bandara KNIA.

Kondisi penggangguran di Kecamatan Beringin, layaknya masih seperti sebelum ada dibangunnya Bandara KNIA tersebut. Banyak buruh kasar, tukang becak, supir angkot, bahkan tidak sedikit yang masih terlihat 'lontang lantung' alias mengagnggur, sehingga gaya premanisme masih dilakoni mereka yang masih mengganggur.

Melihat kondisi angka pengganguran masih saja melanda masyarakat Kecamatan Beringin, tentu nasib masyarakat setempat diibaratkan seperti "ayam mati dilumbung padi". Yakni, meski tinggal didekat Bandara KNIA, yang merupakan tempat terbukanya lapangan kerja namun angka pengganguran masih melanda putra daerah. (mtc/sutrisno)

Penulis
: Sutrisno
Editor
: Faeza
Tag:KNIAbandara kualanamukecamatan beringinPemkab Deliserdangpengangguran

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.