Nasional

Viral, Aksi Prajurit TNI AD Gagalkan Percobaan Bunuh Diri Penumpang Kapal di Laut Natuna

putra
Matatelinga.com
Aksi percobaan bunuh diri seorang penumpang Kapal KM Sabuk 80 yang terjun ke Laut Natuna di Perairan Selat Lampa, Pulau Tiga, Rabu (19/10/2022) sore

MATATELINGA, Laut Natuna : Aksi percobaan bunuh diri seorang penumpang Kapal KM Sabuk 80 yang terjun ke Laut Natuna di Perairan Selat Lampa, Pulau Tiga, Rabu (19/10/2022) sore sekitar pukul 15.30 Wib, berhasil digagalkan Pratu Edi Sudrajat Banjarnahor, Prajurit TNI AD dari Kodim 0318/Natuna, Korem 033/Wira Pratama, Kodam I/Bukit Barisan.

Tindakan heroik Pratu Edi ini pun viral di media sosial, dan mendapat banyak pujian dari berbagai pihak.

Keterangan dirangkum Kepala Penerangan Kodam I/BB, Kolonel Inf Rico J Siagian, SSos, Kamis (20/10/2022) pagi menyebutkan, kejadian bermula saat Kapal KM Sabuk 80 tengah berlayar di Perairan Selat Lampa.

Tiba-tiba sejumlah penumpang heboh melihat seorang pria terjun dari atas kapal ke dalam laut.

"Pratu Edi yang juga melihat, langsung ikut terjun untuk menyelematkan penumpang nekat itu," ucap Kapendam I/BB.

Sementara penumpang lain langsung berkoordinasi kepada pihak kapal untuk memberitahukan peristiwanya.

Pihak Kapal KM Sabuk 80 yang mendapat laporan, segera mengambil tindakan. Kapten kapal menghubungi Mualim 1, Yusuf R, agar memutar haluan kapal kembali ke belakang.

Saat sudah dekat dengan lokasi kejadian, petugas keselamatan kapal segera terjun dengan menggunakan pelampung untuk membantu Prajurit TNI AD mengevakuasi korban ke atas kapal.

Di atas kapal, pelaku percobaan bunuh diri yang kemudian diketahui bernama PA, kelahiran Lirang Mempawah 05-02-1993, Kabupaten Landak ini langsung diberi pertolongan pertama.

PA juga diketahui naik dari Pelabuhan Pontianak tujuan Pelabuhan Kijang, Tanjung Pinang, Kepri. Namun akibat peristiwa ini, PA terpaksa diturunkan di Pelabuhan Selat Lampa.

"Tindakan ini dilakukan pihak kapal guna mencegah kejadian tak diinginkan selama pelayaran menuju Pelabuhan Kijang," jelas Kapendam I/BB.

Kepada Pratu Edi Sudrajat Banjarnahor, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, melalui Kapendam I/BB menyampaikan apresiasi luar biasa atas sikap tanggap dan kepedulian dalam melindungi dan menyelamatkan nyawa Rakyat di sekitarnya.(mtc)

Penulis
: Amrizal
Editor
: Putra
Tag:bunuh diriMayjen TNI Achmad Daniel ChardinPangdam I/BBPangdam I BBPangdam I?BBPangdam I.BBPenumpang KapalPratudi Laut Natunaedi sudrajat banjarnahor

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.