Nasional

Pertama Kali, 29 Perguruan Tinggi Segera Ikuti Kompetisi Moot Court Peradilan Militer

putra
Matatelinga.com
Technical Meeting Kompetisi Moot Court Peradilan Militer, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Mayor Arm M.Dastin MS., S.E. M.H. yang juga Mahasiswa Sekokah Tinggi Hukum Militer Angkatan XXV

MATATELINGA, Jakarta : Bertempat di aula Sekolah Tinggi Hukum Militer 'AHM-PTHM', dilaksanakan _Technical Meeting_ Kompetisi Moot Court Peradilan Militer, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Mayor Arm M.Dastin MS., S.E. M.H. yang juga Mahasiswa Sekokah Tinggi Hukum Militer Angkatan XXV pada hari Jum'at, 15 Oktober 2022 via zoom yang diikuti oleh 29 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. (14/10/2022)

"Kompetisi Moot Court atau yang sering kita dengar dengan istilah NMCC _(Nasional Moot Court Competition)_ sudah sering dilaksanakan oleh para mahasiswa Fakultas Hukum di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Namun, Kompetisi Moot Court Peradilan Militer _(NMCC of Military Jurisdiction)_, merupakan baru pertama kali di Indonesia yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM Ditkumad) bekerjasama dengan Mahkamah Agung RI", ujarnya.

Perhelatan kompetisi sidang semu _(Moot Court)_ Peradilan Militer ini diharapkan mampu menciptakan pembaharuan hukum di bidang peradilan, khususnya pembaharuan hukum militer, dimana kapabilitas Sekolah Tinggi Hukum Militer yang merupakan satu satunya Perguruan Tinggi Negeri Hukum Militer di Indonesia dituntut harus mampu membawa dinamisasi ke arah Hukum Militer yang lebih konstruktif dan inovatif.

Sebanyak 29 Fakultas Hukum dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta telah mendaftar sejak 18 Setember 2022 " 9 Oktober 2022 yang akan bertanding dan memperebutkan piala paling bergengsi yaitu Piala Bergilir Ketua Mahkamah Agung RI dan Piala Tetap Kepala Staf Angkatan Darat serta dengan total hadiah sebesar 100 juta rupiah untuk para pemenang kompetisi, dengan rincian : Juara Pertama akan memperoleh hadiah sebesar 50 juta rupiah, Juara Kedua sebesar 30 juta rupiah, dan Juara Ketiga sebesar 20 juta rupiah. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan tropi dan sertifikat lomba. Lomba akan dilaksanakan pada tanggal 3 " 7 November 2022 mendatang di Jakarta yaitu di Pengadilan Militer II " 08 Jakarta, Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta dan Pengadilan Militer Utama, Jakarta Timur. Para calon peserta tidak dipungut biaya pendaftaran sama sekali.

Penulis
: Amrizal
Editor
: Putra
Tag:29 Perguruan TinggiKompetisi Moot CourtPeradilan militerPertama KaliSegera Ikuti

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.