Nasional

Permenkumham Terbaru Resmi Diterbitkan, Pemerintah Perketat Izin Masuk Orang Asing

rizky
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA. Jakarta - Kebijakan baru yang diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 34 Tahun 2021 resmi diterbitkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. Kebijakan keimigrasian terbaru ini adalah upaya penanganan penyebaran Covid-19 sekaligus pemulihan ekonomi secara nasional.



"Sementara itu, Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021 membuka kembali akses masuk ke Indonesia bagi Orang Asing pemegang visa kunjungan dan visa tinggal terbatas yang masih berlaku,” lanjutnya.


Dijelaskan Angga, subjek lainnya yang kini diberikan izin memasuki wilayah Indonesia seperti pemegang izin tinggal dinas, izin tinggal diplomatik, izin tinggal terbatas, izin tinggal tetap, pemegang Kartu Perjalanan Pebisnis (KPP) APEC, awak alat angkut yang datang bersama dengan alat angkutnya, serta Pelintas Batas Tradisional.


Baca Juga:USU dan Unimed Tidak Mendidik Mahasiswa Menjadi Ekstremis, Rektor Unimed : Bila Terbukti Mahasiswa Akan Dikeluarkan Dari Universitas

“Subjek-subjek tersebut dapat memasuki wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) tertentu, setelah memenuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai peraturan perundang-undangan,”ulasnya.


Untuk pelayanan visa offshore yang sebelumnya ditangguhkan sementara kini dibuka kembali. Permohonan persetujuan visa offshore dapat diajukan berdasarkan jenis kegiatan Orang Asing sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.



Diterbitkannya peraturan keimigrasian tersebut, maka pembatasan masuknya Orang Asing ke Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 27 Tahun 2021 dinyatakan tidak berlaku.


Penulis
: Mtc/Okz
Editor
: Rizky
Tag:MatatelingaPemerintah Perketat Izin Masuk Orang AsingPeraturan Menteri Hukum dan HAMPermenkumhamTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.