Nasional

Jusuf Kalla Tidak Setuju Pernyataan Menag Soal Kemenag Hadiah untuk NU

Faeza
Ismail/Matatelinga.com
Jusuf Kalla usai melantik pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara di Aula T Rizal Nurdin, Senin (25/10).

MATATELINGA, Medan: Wakil Presiden RI Periode 2004-2019 Jusuf Kalla menolak pernyataan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang menyebutkan Kementerian Agama merupakan hadiah negara untuk Nahdlatul Ulama. Jusuf Kalla yang merupakan Ketua Dewan Mesjid Indonesia (DMI) itu menegaskan Kementerian Agama untuk mengayomi semua agama dan organisasi keagamaan.

Pernyataan ini disampaikan Jusuf Kalla usai melantik pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara di Aula T Rizal Nurdin, Senin (25/10/2021).

"Itu bukan hadiah. Itu merupakan (kementerian agama) keharusan karena negeri ini berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa hingga tentunya semua agama sangat penting untuk diayomi," sebut Ketua Umum Palang Merah Indonesia itu.

Oleh karena itu Lanjut Jusuf Kalla, kehadiran kementerian agama bukan hanya untuk Nahdlatul Ulama saja. Kementerian Agama tegas Jusuf Kalla untuk mengayomi seluruh agama dan organisasi keagamaan yang ada di Indonesia.

"Jadi bukan hanya untuk NU tapi untuk semua agama, dan semua organisasi keagamaan itu diayomi pemerintah lewat kementrian agama," ucapnya.



Pernyataan Menag Yaqut soal Kemenag merupakan hadiah khusus dari negara untuk NU disampaikan dalam acara webinar bertajuk Santri Membangun Negeri dalam Sudut Pandang Politik, Ekonomi, Budaya, dan Revolusi Teknologi yang ditayangkan di kanal YouTube TVNU, pada Rabu (20/10/2021).

Menag Yaqut mulanya menceritakan perbincangannya dengan sejumlah staf Kemenag tentang tagline Kemenag "Ikhlas Beramal”. Perbincangan itu pun berujung pada perdebatan asal-usul Kemenag. Saat itu, salah satu staf Menag berpendapat bahwa Kemenag merupakan hadiah dari negara untuk Umat Islam di Indonesia.

Namun Yaqut pun menepis hal itu. "Saya bilang bukan. Kementerian Agama adalah hadiah negara untuk NU, bukan untuk umat Islam secara umum, spesifik NU. Jadi wajar kalo sekarang NU memanfaatkan banyak peluang di Kemenag untuk NU," ucap Menag.

Penulis
: ism
Editor
: ism
Tag:Jusuf Kalla Tidak Setuju Pennyataan Menag Soal Kemenag Hadiah untuk NUKemenag RInuTerkiniWapres jusuf kallamatatelinga.commatatelinga com

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.