Nasional

Habib Rizieq Bayar Denda Rp20 Juta, MA Tolak Kasasi Jaksa di Kasus Petamburan

rizky
MA tolak kasisi jaksa di kasus kerumunan petamburan
MATATELINGA. Jakarta - Perkaranya masih terus bergulir, Aziz Yanuar selaku Tim kuasa hukum mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq, mengatakan, upaya hukum kasasi yang dilayangkan jaksa penuntut umum (JPU) berkasnya tak diterima oleh Mahkamah Agung (MA).



Sebagaimana diketahui, Habib Rizieq Shihab dan 5 terdakwa petinggi FPI lainnya divonis 8 bulan penjara dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Pembacaan vonis dilaksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (27/05/2021).


Dalam memutus perkara itu, hakim mempertimbangkan beberapa hal yang memberatkan dan meringankan. Dalam pertimbangan hakim yang memberatkan Rizieq dinilai tidak mendukung program pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.


Baca Juga:Bobby Nasution Dinilai Berperan Penting Jadikan Medan Kota Bersih

Sementara, yang meringankan Rizieq dianggap kooperatif dengan menepati janjinya untuk meminta para pendukungnya tidak datang ke persidangan serta memberikan keterangan yang jujur saat proses persidangan berlangsung.


Hakim juga menganggap Rizieq sebagai sosok kepala keluarga sekaligus tokoh agama yang dapat menjadi tauladan bagi masyarakat.



"Menjatuhkan pidana atas diri terdakwa HRS dan kawan-kawannya dengan pidana penjara masing-masing selama 8 bulan," ujar Hakim Suparman Nyompa di PN Jaktim, Kamis (27/05/2021).


Dikatakan Azis, berkasnya juga telah dikembalikan kepada Pengadilan Negeri untuk tidak dilanjutkan upayanya lantaran bertentangan dengan UU.


Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:Habib RizieqMA Tolak Kasasi Jaksa di Kasus PetamburanMatatelingaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.