Nasional

Bincang-Bincang Tipis-Tipis Erman Tale Daulay Ulas Topik Pentingnya Membangun Generasi Cerdas Berakhlak Mulia

Administrator
Matatelinga/Dok. Pribadi
Bincang-Bincang Tipis-Tipis Erman Tale Daulay Ulas Topik Pentingnya Membangun Generasi Cerdas Berakhlak Mulia

MATATELINGA, Jakarta : Masih dalam suasana bulan suci Ramadan 1443 H dan mengisi waktu sebelum berbuka puasa dengan kegiatan positif, channel Youtube Erman Tale Daulay dalam programnya Bincang-Bincang Tipis-Tipis mengupas topik tentang pentingnya membangun Generasi Cerdas Berakhlak Mulia dengan menghadirkan narasumber salah seorang pengurus organisasi Par Paluta Akhmad Gojali Harahap dan Qori Timbul Pasaribu.

Dengan diawali lantunan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Qori Timbul Pasaribu yang pernah memegang predikat sebagai juara dalam lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Timbul Pasaribu sejak kecil sudah memiliki impian bisa mengikuti perlombaan MTQ.


Timbul Pasaribu menceritakan ketika ia berhasil masuk sekolah Pesantren Musthafawiyah tahun ajaran 2000/2001. Di pesantren ini ia pertama kali ikut MTQ dan dapat juara harapan 1.

"Saat mendapatkan juara itu, dari sanalah muncul motivasi untuk ikut MTQ di kampung halaman, Padang Bolak dan berhasil menjadi juara I di tingkat Kecamantan, kemudian di Tapsel juara 2 dan akhirnya bisa ikut ke tingkat di Provinsi," kenang Timbul Pasaribu.

Bagaimana dengan generasi muda sekarang apakah masih memiliki minat untuk ikut menjadi qory? Menurut Timbul, dengan banyaknya pesantren di Paluta masih sangat minim dengan program pembinaan dan penghargaan terhadap para qory sangat minim,
sehingga bakat yang terpendam tidak terealisasi karena tidak ada support atau penghargaan masih sangat kurang.


Padahal, kata Erman Tale Daulay bahwa masyarakat Paluta itu dikenal dengan suka bernyanyi (maronang-onang), seharusnya potensi kearifan lokal ini dilestarikan dan dikembangkan agar tidak sampai punah. Kalau melihat potensi anak-anak Paluta untuk mengaji itu sangat tinggi sekali, tinggal bagaimana kita untuk menggali potensi itu agar bisa dimunculkan ke permukaan.



Selanjutnya, salah seorang pengurus DPP ParPaluta Ahmad Gojali Harahap menyampaikan bahwa keberadaan ParPaluta adalah salah satu organiasai yang didirikan satu tahun yang lalu, karena posisinya di Jakarta maka disebut Dewan Pengurus Pusat.

"Teman-teman mendirikan ParPaluta pada awalnya bertujuan untuk membangun tali silaturahmi sesama perantau yang jauh dari kampung halaman. ParPaluta kemudian semakin yakin dan supaya bisa eksis, maju dan bisa mengabdi di kampungnya khususnya di Paluta.

Penulis
: Mtc/jam
Editor
: James P Pardede
Tag:Erman Tale Trias InfoGeenrasiMudaParpalutayoutube

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.