Nasional

Siang Ini, MK Membacakan Sengketa Putusan Pilpres 2019

Administrator
Hand Over
MATATELINGA, Jakarta:    Sidang sengketa Pilpres 2019 yang sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu oleh Mahkamah Konstitusi (MK), hari ini  Kamis (27/6/2019) sekiranya pukul 12.30 WIB, akan membacakan hasil putusan dari sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.



Berita sebelumnya, sedikit mengulas mengenai sidang sengketa Pilpres 2019 yang sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu yakni ;

Permohonan yang diajukan oleh Tim kuasa hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sandi kepada MK secara resmi diregister pada 11 Juni 2019. Tak lama, sidang perdana sengketa Pilpres pun digelar, yakni pada Jumat, 14 Juni 2019.

Dalam sidang perdana, tim hukum BPN membacakan poin-poin permohonan yang telah diajukan. Termasuk permohonan yang telah diperbaiki, ialah hasil rekapitulasi suara yang dinilai dilakukan dengan cara tidak benar.



Tak ketinggalan, mereka pun menyinggung mengenai status calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin yang masih menjabat di Bank BUMN. Menurut tim hukum BPN, hal tersebut melanggar aturan hukum.

Pada permohonan yang diajukan oleh tim hukum BPN, mereka menyoroti mengenai kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh paslon 01 dalam Pilpres secara terencana, struktural dan masif (TSM).

Sidang lanjutan pun digelar pada Selasa, 18 Juni 2019. Dalam persidangan kala itu beragendakan mendengarkan jawaban dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan juga tim hukum Jokowi-Ma'ruf Amin selaku pihak terkait.



Kemudian, saksi-saki dari tim hukum BPN dihadirkan dalam sidang lanjutan yang digelar pada keesokan harinya, Rabu, 19 Juni. Mereka menghadirkan 14 orang saksi dan 2 saksi ahli.

Setelahnya giliran KPU yang menghadirkan saksi dan ahli dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 yang digelar pada Kamis, 20 Juni 2019.

Sidang sengketa Pilpres 2019 pun kembali dilanjutkan pada Jumat, 21 Juni 2019 dengan agenda tim hukum Jokowi-Ma'ruf yang akan menghadirkan dua orang saksi dan dua orang saksi ahli, yakni Heru Widodo dan Prof Edward Omar Sharif Hiariej.

Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Sumber
: Okezone
Tag:Matatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkiniputusan MKsidang sengekta Pilpres

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.