Nasional

Aturan Masker Setiap Daerah Berbeda, Sumbar Terapkan Tak Pakai Masker Penjara Mulai Hari Ini

Administrator
Hand Over
ilustrasi
MATATELINGA, Padang: Sanksi perda akan diberikan kepada warga yang tidak memakai masker saat keluar rumah. Hal ini merujuk pada Perda Adaptasi Kebiasaan Baru. Pemerintah Kota Padang mulai hari ini, Senin (21/9/2020) memberlakukan sanksi denda dan kurungan.





Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa, Senin (21/9/2020) mengaatakan, "Tidak ada lagi kelonggaran bagi warga Padang yang tidak mengenakan masker. Jika masih kedapatan tidak bermasker, siap-siap saja didenda atau sanksi kurungan atau penjara". 


Peraturan Daerah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sudah disosialisasikan kepada masyarakat sejak sepekan terakhir. Dia juga mengingatkan agar masyarakat Kota Padang mematuhi protokol pencegahan Covid-19 sesuai Perda AKB tersebut.


Menurutnya, dalam Perda tersebut mengatur kewajiban warga untuk memakai masker, sering mencuci tangan serta menjaga jarak.


"Jika ada yang melanggar, sanksi yang akan diberikan, seperti sanksi sosial, sanksi administrasi, bahkan sanksi kurungan sesuai yang tercantum dalam Perda AKB Provinsi Sumatera Barat," sebutnya.






Dalam Perda itu, bagi yang tidak mengenakan masker didenda Rp250 ribu. Jika masih kedapatan tidak bermasker setelah didenda, pelaku yang sama disanksi kurungan selama dua hari.


"Tidak saja bagi perorangan, pelaku usaha yang tidak mengindahkan protokol kesehatan juga akan ditindak. Karena itu pelaku usaha diimbau menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya, seperti menyediakan tempat cuci tangan, cek suhu, dan menjaga jarak," akunya.

Editor
: Amrizal
Sumber
: Okz
Tag:berita terkinisumbarTerkiniTravelokabliblimatatelinga.commatatelinga comperaturan Kota Padangsanksi tak pakai masker

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.