Nasional

2 Kakak-Beradik Jadi Korban Kejahatan Seksual, Arist Merdeka Sirait : Pelaku Terancam 20 Tahun Penjara

Administrator
Mtc/Ist
MATATELINGA, Jakarta- Kasus penyekapan dan serangan kejahatan seksual disertai dengan ancaman pembunuhan yang dilakukan DB (38) warga desa Tuapukas, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Timur Selata (TTS) terhadap dua anak kakak beradik masing-masing RT (14) dan MT (13) Warga desa di Kecamatan Kualin Kabupaten Tengah Selatan (TTS) mendapat perhatian dan atensi serius dari Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak.



Kasus kejahatan seksual terhadap dua anak kaka beradik dengan disertai penyekapan dan ancaman pembunuhan, selain perbuatan biadap dan merendahkan martabat kemanusiaan juga merupakan tindak pidana kejahatan luar biasa (extraordinary crime), hal ini dikatakan Aris Merdeka Sirait dalam Siaran persnya pada tanggal (6/5/2021) malam.


Arist juga mengatakan, berdasarkan UU RI Nomor : 17 tahun 2016 tentang penerapan Perpu Nomor : 01 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang Nomor : 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, junto Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, pelaku DB dapat diancam pidans penjara minimal 10 tahun pidana penjara dan paling lama 20 tahun dan dapat pula dikenakan dengan hukuman seumur hidup.


Baca Juga:Kapolri Minta Bhabinkamtibmas Jadi Problem Solving Masyarakat

"Setelah membaca kronologis kejadian yang dilakukan pelaku terhadap 2 korban telah memenuhi unsur-unsur tindak pidananya, Komnas Perlindungan Anak mendukung secara penuh Polres Timor Timur Selatan untuk tidak ragu-ragu menerapkan UU RI Nomor 17 Tahun 2016,"ucapnya.


Lanjut Arist Merdeka Sirait, Penyelesaian kasus penyekapan diikuti dengan tindak pidana kejahatan seksual terhadap dua anak kakak beradik ini harus didekati dengan tindak pidana luar biasa sehingga Jaksa Penuntut Umun (JPU) dapat menuntut pelaku dengan ancaman hukuman maksimal.


Penulis
: Suriyanto
Editor
: Amrizal
Tag:2 Kakak-Beradik Jadi KorbanArist Merdekaberita terkinikrminalPerlindungan AnakTerkinikejahatan sekseualmatatelinga.commatatelinga com

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.