Lifestyle

Sang Raja Komedian Stephen Chow Bangkrut

Administrator
mtc|net
Stephen Chow

MATATELINGA, China: Aktor dan sutradara Shaolin Soccer, Stephen Chow tengah dirundung masalah keuangan. Mengutip Today Online, Rabu (14/10/2020), aktor asal Hong Kong itu memiliki utang kepada investor dan mantan kekasihnya, ahli waris konstruksi Yu Manfung alias Alice Yu.

Lilitan utangnya diduga dimulai pada tahun 2012 ketika Manfung menggugat bintang berusia 58 tahun itu sebesar US$ 14 juta atas komisi penjualan rumah mewah kepada Manfung di kawasan elite, The Peak, Hongkong.

Selain itu, tumpukan utang juga secara tak langsung disebabkan oleh Covid-19. Awalnya pada 2016, investor berkomitmen untuk berinvestasi sebesar 230 juta dollar AS di perusahaan Stephen.

Stephen menjamin investor bakal mendapatkan keuntungan sebesar 180 juta dollar AS setelah empat tahun. Hingga tahun ketiga, segalanya masih cukup lancar dengan perusahaan Stephen mencatatkan keuntungan total sebesar 117 juta dollar AS.

Namun, pada tahun keempat, tepatnya tahun 2020 ini, investor hanya menerima 30 juta dollar AS lantaran terdampak pandemi corona. Lalu, pada Juni 2020, Stephen dilaporkan menggadaikan rumah mewahnya untuk membayar semua utang.

Dirangkum dari laman IMDb, Stephen Chow lahir di Hong Kong pada 22 Juni 1962 dengan nama Chow Sing-Chi. Dia lalu menghabiskan masa mudanya dengan tiga saudara perempuan di Shanghai, Cina.

Stephen Chow pun mengembangkan minat dalam seni bela diri setelah menyaksikan bakat Bruce Lee di film Fist of Furry. Dia kemudian mulai berlatih dengan gaya Wing Chun, yang merupakan salah satu keahlian Bruce Lee.

Hasil latihan seni bela diri itulah yang paling sedikit membantunya masuk ke dalam film aksi legendarisnya.

Pada 1982, Stephen Chow lulus dari sekolah menengah dan mengikuti audisi untuk sekolah akting yang dijalankan oleh T.V.B., sebuah stasiun televisi Hong Kong.

Dia lulus pada tahun 1983 dan dipekerjakan untuk menjadi pembawa acara program televisi anak-anak yang disebut 'Space Shuttle 430'.

Selama penayangan terakhir acara pada tahun 1988, Stephen Chow mulai mendapatkan peran pendukung di sejumlah film, memparodikan beberapa adegan film terkenal yang perlahan membuat kariernya meroket.

Pada tahun 1990, ia memperkenalkan bakat komedi yang luar biasa dalam film, 'All for the Winner' yang merupakan spin-off komedi dari film, 'God of Gamblers' yang dibintangi oleh Chow Yun-Fat. Film ini menjadi sangat sukses sehingga ia bersama Chow Yun-Fat juga membintangi sekuelnya yang sangat sukses, 'God of Gamblers 2'.

Stephen Chow memiliki keunggulan dalam genre komedi yang menunjang kariernya di tahun-tahun mendatang saat dia mulai membuat parodi Hollywood maupun film bioskop Hong Kong Jepang. Lalu, film parodi, 'Justice My Foot' membuatnya mendapatkan Aktor Terbaik Asia di Festival Film Pasifik.

Kesuksesan Shaolin Soccer dan Kung Fu Hustle

Idenya untuk menggabungkan olahraga dengan aksi kung-fu dan komedi melahirkan film terkenal Shaolin Soccer tahun 2002.

Dalam film tersebut Stephen berperan sebagai sutradara sekaligus aktor utama.

Film ini meraih kesuksesan saat dirilis, menempati peringkat film berpenghasilan kotor tertinggi dalam sejarah sinema Hong Kong dengan rekor H.K. $ 60.000.000.

Akhirnya, Hollywood membeli hak distribusi untuk Shaolin Soccer dan merilisnya secara internasional pada tahun 2003. Menyusul kesuksesan Shaolin Soccer Columbia Pictures merilis proyek komedi kung-fu berikutnya, Kung Fu Hustle.

Penulis
: wewend
Editor
: Amrizal
Sumber
: kompas
Tag:berita terkiniStephen ChowTerkiniblibli

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.