Lifestyle

Cara untuk Mengatasi Kondisi Mulut yang Terasa Pahit

Administrator
MATATELINGA, Jakarta: Cara untuk mengatasi kondisi mulut yang terasa pahit. Sebab mulut yang terasa pahit dapat memberikan ketidaknyamanan bahkan menurunkan selera makan.


Umumnya situasi mulut pahit bisa terjadi akibat asam lambung yang naik serta efek samping dari mengonsumsi obat-obatan. 


Namun kondisi mulut pahit juga berkaitan dengan kebersihan gigi dan mulut. Nah bila sekarang mulut anda terasa pahit, anda tak perlu khawatir. Cobalah perhatikan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi mulut pahit.


Mengonsumsi Jeruk

Cara alami terbaik mengatasi mulut pahit bisa anda lakukan dengan memakan buah jeruk. Hal ini karena ketajaman rasa asam dari buah jeruk dapat membantu menstimulasi indera perasa. Bahkan bagi kebanyakan orang cara ini memang manjur.


Kumur dengan Larutan Soda Kue

Baking soda ternyata mampu menetralkan rasa pahit yang terasa pada bagian mulut. Caranya cukup larutkan 1/4 sdt baking soda dengan 1/2 sdt garam dalam secangkir air hangat lalu berkumurlah dengan larutan tersebut. Jika sudah berkumur, bilas mulut dengan air bersih.


Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih juga bisa anda lakukan guna mengurangi kadar asam pada perut hingga membuang racun dari mulut anda.


Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Cara yang satu ini juga bisa anda terapkan. Saat mulut terasa pahit anda bisa mengunyah permen karet bebas gula beraroma jeruk ataupun beraroma peppermint setelah mengonsumsi makanan pedas.


Menyikat Lidah

Menyikat atau membersihkan lidah secara perlahan akan membantu menyingkirkan rasa pahit pada mulut. Sebab selain gusi dan gigi, lidah juga bisa menjadi sarang bertumbuhnya bakteri. Oleh karena itu menumpuknya bakteri pada reseptor pengecap lidah ini pula dapat mengakibatkan masalah kesehatan mulut lainnya, seperti mulut menjadi bau. Tetapi yang perlu anda ingat yaitu gunakan alat sikat khusus pembersih lidah.


Menjaga Kebersihan Mulut

Selain berbagai cara tersebut, menjaga kesehatan mulut juga penting untuk menyingkirkan bakteri serta menyingkirkan rasa tidak enak dalam mulut. Maka anda hanya perlu menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari, yakni saat bangun pagi dan ketika hendak tidur. Lalu bila perlu rutinlah melakukan flossing gigi secara teratur, misalnya sekali sehari.

Editor
: Amrizal
Tag:berita terkiniInfo KesehatankesehatanMulut PahitTekiniblibli

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.