Berita

Hanya Selang Waktu Sejam Dari Ledakan di Ankara, Turki Juga Gempur Markas Kurdi

Administrator
google
Ilustrasi
Matatelinga.com, Selang sejam setelah bus berisi pasukan militer Turki di ledakan di Kota Ankara, dan menewaskan 28 orang. Pemerintah Turki juga dikabarkan melakukan penggempuran atas markas militan Kurdi (PKK) di utara Irak.

Dilansir dari Independent dan dikutip dari laman okezone.com, Kamis (18/2/2016), media Turki mensinyalir penggempuran itu sebagai serangan balasan dari Pemerintah Turki atas serangan bom mobil di Kizilay pada 18.44 waktu Ankara. Hal ini dikarenakan, adanya pelaku yang berkewarganegaraan Suriah, teridentifikasi memiliki keterlibatan dengan kelompok pemberontak tersebut.

Otoritas sudah menemukan beberapa pelaku dari sidik jarinya. Salah seorang pria dipastikan adalah pengungsi dari Suriah yang mencari suaka di Turki. Demikian keterangan dari surat kabar harian pro pemerintah Yeni Safak.

Kemungkinan serangan balasan itu, menurut media tersebut juga didukung dengan pernyataan Sang Presiden Recep Tayyip Erdogan yang menyatakan takkan segan-segan mengerahkan pasukannya untuk menggempur musuh kapan pun dan dimana pun.

Namun begitu, pihak pemerintah sendiri belum mengonfirmasi kelompok mana yang mendalangi pembunuhan atas puluhan tentara dan warga sipil pada jam padat di jalan raya ibu kota.

Cemil Bayik, wakil ketua dari kelompok sayap PKK mengatakan tidak tahu menahu soal ledakan bom mobil di dekat markas militer dan gedung parlemen Turki tadi malam.

Kami tidak tahu siapa yang melakukan serangan itu. Tapi, bisa jadi ledakan itu merupakan pembalasan atas pembantaian kaum Kurdi di perbatasan Turki, Suriah, Irak dan Iran, ujar Bayik kepada kantor berita Firat.



(Fit)

Tag:AnkaraMatatelinga

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.