Internasional

Tak Izinkan Anaknya Bersekolah Orangtua di Yunani Diancam Hukuman Penjara

rizky
Hand over
Tak Izinkan Anaknya Bersekolah Orangtua di Yunani Diancam Hukuman Penjara, Kamis (9/12/2021)
MATATELINGA. Athena - Pemerintah Yunani terbitkan kebijakan terbaru, yang membidik para orangtua yang tidak mendukung langkah pencegahan penularan Covid-19, seperti vaksinasi, pemakaian masker, atau pengujian. Para orangtua di Yunani yang tidak mengizinkan anaknya pergi ke sekolah dengan alasan pandemi Covid-19, akan menghadapi hukuman penjara dua tahun dan denda.



Di Yunani, para siswa sudah menghadiri sekolah secara langsung pada September 2020, tetapi penguncian diperintahkan dari Oktober hingga Mei 2021, di mana siswa bersekolah secara virtual. Siswa diizinkan untuk kembali ke sekolah selama enam minggu terakhir tahun ajaran dengan mengenakan masker dan melakukan dua tes mandiri seminggu.


Prodromos Fotakidis, seorang guru sekolah menengah di Drama, mengatakan kepada stasiun televisi Skai, bahwa tiga muridnya tidak muncul di akhir tahun ajaran terakhir. “Saya bersama salah satu orang tua di kampus,” katanya. “Dia adalah salah satu orang tua yang membantah segalanya, mengatakan tes mandiri berbahaya dan tidak menawarkan perlindungan,” lanjut Fotakidis.


Baca Juga:Genjot Target, Polsek Patumbak Gercep Lakukan Vaksinasi Covid-19

Yunani telah menetapkan bahwa jika setengah siswa di kelas plus satu sakit COVID-19, maka kelas akan ditunda selama 10 hari. Kementerian mengatakan, dua dari 10.000 kelas saat ini ditunda, dan satu dari setiap 1.000 siswa didiagnosis dengan COVID-19.


“Kami menilai angka-angka ini sangat bagus. Mereka bekerja untuk satu penyakit sehari,” kata Koptsis. Saat ini Yunani, yang telah memvaksinasi penuh 62 persen dari total populasi. Kementerian Pendidikan mengatakan, setengah dari siswa berusia 14 tahun ke atas saat ini telah divaksinasi dengan setidaknya dosis pertama. Vaksinasi untuk anak-anak prasekolah dan siswa Sekolah Dasar berusia 4 hingga 11 tahun dimulai pada Jum'at.



Kehadiran siswa di sekolah sampai usia 16 tahun telah lama diwajibkan di Yunani. Tetapi, sampai sekarang, sanksi yang diterapkan bagi yang melanggar hanyalah denda sebesar 59 Euro. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (9/12/2021).


“Kami tidak bisa mentolerir fenomena orangtua yang melarang anak-anaknya bersekolah,” kata Alexandros Koptsis, Sekretaris Jenderal untuk Pendidikan Dasar dan Menengah di Kementerian Pendidikan Yunani kepada Al Jazeera.


Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:athenaMatatelingaTak Izinkan Anaknya Bersekolah Orangtua di Yunani Diancam Hukuman PenjaraTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.