Internasional

Para Pengunjuk Rasa Tuntut Erdogan Mundur, Kok Bisa?

rizky
Hand over
Recep Tayyip Erdogan
MATATELINGA. Ankara - Para demonstran marah dan menuntut pengunduran diri Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan pemerintahnya karena inflasi yang meroket. Hal itu diungkapkan para pengunjuk rasa yang turun ke jalan-jalan di ibu kota Turki, Ankara, serta kota terbesar di negara itu, Istanbul.



Kerusuhan telah menyebar ke Istanbul yang dikuasai Partai Rakyat Republik (CHP), oposisi Erdogan di tingkat nasional.


Salah satu video yang dibagikan di media sosial menunjukkan polisi anti huru hara bentrok dengan para pengunjuk rasa di lingkungan Kurtulus di Istanbul.

Baca Juga:Pemkab Asahan Gelar Pekan Olah Raga Tradisionil Ke I

Istanbul adalah kota terbesar di Turki sejauh ini, dan baru-baru ini terjadi serangkaian bentrokan politik antara CHP dan AKP atas tuduhan korupsi dan pelanggaran.


Situasi di Turki tampaknya akan terus memanas dalam beberapa hari mendatang. Kerusuhan dan kekerasan membayangi situasi politik di negeri itu.



Pada Selasa malam (23/11/2021), pengunjuk rasa berbaris di jalan-jalan lingkungan Cankaya Ankara, di mana sebagian besar gedung pemerintah Turki dan lembaga pemerintah berada.


Mereka meneriakkan istifa (mundur) dan nama partai berkuasa Erdogan, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP). Banyak yang meniup peluit, menggedor panci dan wajan untuk membuat kebisingan.



Protes muncul di tengah meningkatnya krisis mata uang Lira Turki yang telah runtuh dari USD0,1 menjadi USD0,078 dalam nilainya selama sepekan terakhir. Ini menjadi penurunan terburuk sejak 2018.


Erdogan telah membela kebijakan moneter pemerintahnya, dengan mengatakan dia tidak akan terlibat dalam, “Permainan yang dimainkan oleh mereka yang membahas kenaikan mata uang, bunga, dan harga, tetapi akan melanjutkan rencana ekonomi pemerintah.” Seperti dikutip dari Sindonews, Rabu ( 24/11/2021).


“Kita akan keluar sebagai pemenang dari perang kemerdekaan ekonomi ini dengan bantuan Allah dan rakyat kami,” tegas Erdogan.

Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:AnkaraMatatelingaPara Pengunjuk Rasa Tuntut Erdogan MundurTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.