Internasional

Memilukan, Perempuan yang Ditembak Wajahnya Akhirnya Angkat Bicara di Hadapan Publik

rizky
Perempuan Afghanistan korban KDRT
MATATELINGA. Afghanistan " Seorang perempuan Afghanistan dibuat cacat oleh suaminya, tetapi kini memiliki kehidupan yang lebih baik sekaligus membela hak-hak perempuan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 52 persen perempuan di Afghanistan pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di rumah mereka.



Pada usia 15 tahun, Shakila Zareen menikah di negara asalnya, Afghanistan. Ketika berusia 16 tahun, suaminya menembak wajahnya hingga cacat seumur hidup


Baca Juga:Barcelona dan Real Madrid Acam Posisi Atletico, Berikut Klasemen Liga Spanyol 2020-2021

“Terkadang saya ingin terbangun untuk mendapatkan suatu keajaiban jika wajah saya kembali seperti semula. Akan tetapi saat bangun, saya sadar tidak ada keajaiban,” terangnya.


Perempuan Afghanistan itu tidak berhenti berjuang untuk keamanan, kebebasan dan kehidupan yang lebih baik. Pada tahun 2013, Zareen mendapat suaka di Kanada, tempat dia mewujudkan mimpinya.


“Saya dilarang pergi ke sekolah. Tapi, setelah mendapatkan suaka di Kanada, impian saya terwujud untuk kembali ke sekolah. Hari pertama sekolah, ketika duduk di samping teman sekelas, saya menangis. Namun, itu adalah air mata kebahagiaan," tuturnya.


Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau bertemu Zareen dan menjanjikan dukungan sepenuhnya.



“Selain banyak hal, bantuan terbesar pemerintah Kanada adalah untuk perawatan wajah saya. Mereka membiayai 15 operasi sejauh ini," katanya.


Zareen mengungkapkan meski suaminya melakukan beberapa tindakan yang kejam, pendapatnya tidak dinilai penting di Afghanistan. Sekarang, ia memperjuangkan ribuan suara yang tak terdengar dengan berbicara di hadapan publik.


“Di Kanada, saya tampil sebagai seorang pembicara di depan umum. Menuntut keadilan bagi kaum perempuan yang menghadapi kekerasan, saya menceritakan kisah yang menyakitkan dalam hidup saya, dan kehidupan perempuan Afghanistan lainnya yang sama seperti saya, kepada seluruh dunia," katanya.


Penulis
: Mtc/Okz
Editor
: Rizky
Sumber
: Okezone
Tag:internasionalKDRTKorban KDRTMatatelingaMedanSumutTerkinikekerasan

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.