Internasional

Ketegangan Semakin Memanas, Bangun Dialog dengan Rusia dan Ukraina Penting

rizky
Hand over
Tentara Ukraina melakukan latihan militer
MATATELINGA. Ankara - Terkait suhu konflik kedua negara yang kian terus memanas. Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar menegaskan pentingnya dialog dengan Rusia dan Ukraina.



Perlu diketahui, Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya di Eropa telah memperingatkan bahwa Rusia sedang menyiapkan invasi ke Ukraina dan telah menempatkan lebih dari 100.000 tentara di perbatasannya dengan negara bekas republik Soviet itu, selain penempatan artileri dan tank dalam jumlah signifikan.


Namun, Moskow membantah mempersiapkan serangan militer, dengan mengatakan pasukannya ada di sana untuk melakukan latihan rutin. Seperti dikutip dari Okezone, Rabu (02/02/2022).


Baca Juga:Aset Perusahaan-Perusahaan Rusia Siap Dibekukan Inggris

Sambil mengacu pada ketegangan terbaru antara Rusia dan Ukraina dan Barat, ia memperingatkan bahwa perkembangan belakangan ini menimbulkan bahaya eskalasi yang tidak terkendali.


"Karena itu, Turki mengimbau semua pihak terkait untuk tetap tenang dan melakukan koordinasi, kerja sama, dan dialog," kata Akar, seperti dikutip oleh media, pada Senin (31/01/2022).



Ia juga mengatakan bahwa dialog antara Turki dengan Ukraina dan Rusia terus berlanjut, sambil menjalankan tanggung jawabnya sebagai bagian dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)


Dalam kesempatan itu, Menhan juga mengatakan negaranya akan terus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Konvensi Montreux tentang perjalanan kapal di selat Laut Hitam.


Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:AnkaraKetegangan Semakin MemanasMatatelingaRusiaTerkiniTurkiUkraina Penting

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.