Internasional

Jaringan Pipa Minyak Meledak, Aliran Minyak Turki Disetop

rizky
Hand over
Jaringan Pipa Minyak Meledak, Aliran Minyak Turki Disetop, Selasa (18/01/2022)
MATATELINGA. Ankara - Menyusul ledakan misterius dan kobaran api besar. Perusahaan minyak milik negara Turki memutuskan aliran minyak dari jaringan pipa Kirkuk-Ceyhan.



Walikota Kahramanmaras, Hayrettin Gungor, mengatakan insiden itu tidak menimbulkan korban.


Gubernur Omer Fauk Coskun mencatat kerusakan dapat diatasi. “Api tidak menyebar ke daerah pemukiman terdekat,” ujar dia.


Baca Juga:Edy Rahmayadi Sambut Kedatangan Tim Sepakbola Sumut yang Juarai Kejurnas FOSSBI U-12

Setelah sekitar dua jam, BOTAS mengumumkan, “Api telah benar-benar padam. Pipa akan dioperasikan kembali sesegera mungkin setelah tindakan yang diperlukan diambil."


Pipa Kirkuk-Ceyhan membentang sekitar 970 kilometer antara Ceyhan, Turki dan Kirkuk, Irak, dan merupakan jalur ekspor minyak mentah terbesar di negara tersebut.



Jaringan pipa itu telah diserang berulang kali oleh militan selama bertahun-tahun, termasuk dugaan sabotase oleh teroris Negara Islam (IS, sebelumnya ISIS) serta pejuang Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang mendorong penutupan intermiten di bagian Irak.


Perlu diketahui, rekaman video ledakan dan kebakaran itu viral di media sosial. “Ledakan itu mengguncang bagian pipa di provinsi tenggara Turki Kahramanmaras pada Selasa malam (18/01/2022), sekitar 175 kilometer dari terminal jalur pipa di Ceyhan,” ungkap BOTAS Petroleum Pipeline Corporation.


Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:Aliran Minyak Turki DisetopAnkaraJaringan Pipa Minyak MeledakledakanMatatelingaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.