Internasional

Gunung Berapi Sakurajima Di Jepang Meletus

rizky
Hand over
Ilustrasi
MATATELINGA. Jakarta - Gunung berapi Sakurajima terlertak di pulau utama barat Jepang Kyushu meletus dan mengirimkan asap hitam mengepul tinggi ke udara. Kejadian itu terjadi pada Minggu 24 Juli 2022 sekira pukul 20:05 waktu setempat.



Di dalam rekaman video menunjukkan apa yang tampak seperti massa merah mengalir di satu sisi gunung berapi. JMA mengatakan, hujan diperkirakan turun di beberapa daerah dekat gunung berapi pada hari Senin tetapi bukan jenis hujan lebat yang dapat menyebabkan tanah longsor setelah letusan.


Sebagian besar kota Kagoshima berada di seberang teluk dari gunung berapi tetapi beberapa daerah pemukiman dalam jarak sekitar 3 km (1,9 mil) dari kawah dapat diperintahkan untuk dievakuasi tergantung pada situasinya. Kemudian dilaporkan bahwa 51 orang di sekitarnya sedang dievakuasi.


Baca Juga:Dikenal Handal Melibas Lintasan Basah di Arena MotoGP, Jack Miller Ungkap Rahasianya

Diketahui, Sakurajima adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang dan letusan dari berbagai tingkat terjadi secara teratur. Pada 2019 itu memuntahkan abu setinggi 5,5 km (3,4 mil).


Wakil Kepala Sekretaris Kabinet, Yoshihiko Isozaki mengatakan, letusan gunung Sakurajima tersebut tidak menimbulkan kerusakan.



"Tidak ada laporan kerusakan akibat letusan," kata Yoshihiko Isozaki seperti dilansir dari Okezone, Senin (25/07/2022).


Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:gunung BerapiGunung Berapi MeletusGunung Berapi Sakurajima Di Jepang MeletusjepangMatatelingaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.