Internasional

Dosis Pertama Sebanyak 800.000 Akan Tiba di Inggris

Administrator
Hand Over
MATATELINGA, London: Regulator Inggris, MHRA, mengatakan vaksin yang menawarkan perlindungan hingga 95% terhadap Covid-19 ini, aman untuk diluncurkan pekan depan. Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui penggunaan vaksin virus corona Pfizer/BioNTech secara luas.





Eksekutif regulator Inggris, Dr June Raine, meyakinkan masyarakat bahwa vaksin itu aman. "Vaksin ini baru disetujui karena pengujian ketat telah dilakukan dan standar dipenuhi. Semua orang bisa benar-benar yakin bahwa tidak diambil jalan pintas sama sekali," kata Raine.


Dosis pertama sebanyak 800.000 akan tiba di Inggris dalam beberapa hari ini, kata Pfizer


Menteri Kesehatan Matt Hancock mengatakan unit kesehatan Inggris, NHS, akan mengontak warga untuk penjadwalan vaksin. Namun, karena rumah sakit telah memiliki fasilitas penyimpanan -70C, seperti yang disyaratkan, vaksinasi pertama akan dijalankan di rumah sakit, untuk petugas panti jompo, paramedis dan pasien.


Warga lanjut usia serta karyawan di panti jombo menjadi priotas pertama dan diikuti oleh warga berusia di atas 80 tahun.


Sean Marett, salah seorang eksekutif BioNTech, mengatakan vaksin tersebut sekarang sedang dipersiapkan untuk selanjutnya dikirim ke Inggris.


"Dosis yang dialokasikan untuk Inggris sekarang dikemas oleh kolega-kolega kami di fasilitas Pfizer, Belgia, siap untuk dikirim secepatnya. Dosis-dosis itu disimpan ke dalam kotak-kotak termal, setiap kotaknya berisi antara 1.000 hingga 5.000 dosis yang akan diangkut ke Inggris menggunakan lori atau pesawat, apapun yang paling cocok," kata Marett.






Menteri Kesehatan Matt Hancock mengatakan dalam penjelasan di depan parlemen Rabu (02/12) bahwa mulai pekan depan 800.000 dosis akan tersedia, namun dalam jumlah besar akan tersedia pada tahun baru.


Hancock mengatakan pemerintah Inggris menghabiskan berbulan-bulan untuk menyiapkan pengumuman hari ini. Hancock menutup pernyataannya di depan parlemen dengan mengatakan, "Inilah hari untuk diingat, tapi tahun untuk dilupakan."


"Kita bisa melihat langkah keluar namun kita belum mencapai tahap itu, karena itu kita perlu terus berusaha, sampai warga aman dan sains dapat membuat kita terbebas (dari virus)," tambahnya.



Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Sumber
: Okz
Tag:inggriskesehatanVaksinblibliIndexTerkiniTraveloka

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.