Internasional

Dalam Sekali Tembak Hancurkan Wilayah, Rudal Balistik Antarbenua RS-28 Sarmat Siap Tempur

rizky
Hand over
Rudal Balistik Antarbenua RS-28 Sarmat
MATATELINGA. Moskow - Senjata yang bisa dilengkapi hulu ledak nuklir ini diklaim mampu melenyapkan wilayah seukuran Inggris dan Wales dalam sekali tembak. Yaitu Rudal balistik antarbenua (ICBM) RS-28 Sarmat atau dikenal sebagai misil Setan II akan melayani tugas tempur Pasukan Rudal Strategis Rusia (SMF) pada tahun depan.



Menurut laporan EurAsian Times rudal Setan II mampu memusnahkan wilayah seukuran Inggris dan Wales dalam sekali tembak. Sedangkan koresponden senior, Matthew Chance, yang pernah menyaksikan senjata ini saat diresmikan tahun 2016, mengatakan jika kemampuan militernya nyata, sebuah misil RS-28 Sarmat mampu melenyapkan area seluas Prancis.


Senjata tersebut adalah salah satu dari enam senjata strategis baru Rusia yang diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada 1 Maret 2018.


Baca Juga:Bawaslu Sumut Rapat Membahas Kinerja Pengawas Non Tahapan

Pada hari Jum'at, Karakayev juga mengumumkan bahwa Rusia berencana untuk melakukan lebih dari sepuluh ICBM pada 2022. Seperti dikutip dari Sindonews, Sabtu (18/12/2021).


“Pada tahun depan, kami berencana untuk mengadakan lebih dari 10 peluncuran ICBM, sebagian besar akan menjadi peluncuran uji coba. Jika kita melihat statistik selama lima tahun terakhir, saya pikir akan menjadi jelas seberapa intens dan sulitnya tahun depan," ujarnya.



Menurut Karakayev, sebanyak 25 peluncuran ICBM telah dilakukan dalam lima tahun terakhir. Itu dilakukan terutama sebagai peluncuran uji coba atau untuk mengonfirmasi karakteristik rudal yang saat ini sedang bertugas tempur.


Komandan SMF Kolonel Jenderal Sergey Karakayev mengumumkan ICBM RS-28 Sarmat akan menggantikan tugas ICBM Voyevoda.


Penulis
: Mtc
Editor
: Rizky
Tag:MatatelingaMOSKOWRudal Balistik Antarbenua RS-28 Sarmat Siap TempurTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.