Internasional

China Siap Kirim Lebih Banyak Jet Tempur J-16 ke Perbatasan Hindia

Administrator
mtc|net

MATATELINGA, Beijing:Komando Teater Barat dari Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dikabarkan akan segera menugaskan lebih banyak jet tempur J-16, jenis jet temput yang dipercaya mampu menguasai wilayah udara, laut dan darat.

J-16 adalah jet tempur generasi ketiga plus yang diproduksi di dalam negeri oleh China. Meskipun desain aerodinamisnya mengikuti Su-27 Rusia, tapi seluruh komponennya asli China.

Beberapa komponen unggulannya termasuk mesin WS-10 Taihang, sistem radar array aktif dan sistem observasi dan sistem bidik inframerah generasi terbaru. China juga mengklaim kalau sistem avioniknya lebih unggul dari jet tempur Su-35 Rusia.

J-16 juga disebut unggul dalam melakukan semua jenis tugas, termasuk pertempuran udara jarak jauh dan pendek, serta misi serangan udara ke darat dan anti-kapal.

Dikutip dari Global Times, sistem avioniknya yang canggih dan kemampuan untuk membawa semua jenis amunisi dalam jumlah besar membuatnya menjadi salah satu jet tempur terkuat Angkatan Udara PLA, mungkin hanya kalah dengan jet tempur siluman J-20.

Laporan yang dikutip Global Times dari eastday.com juga menyebut bahwa J-16 yang baru digunakan oleh Komando Teater Barat memiliki cat versi baru untuk membedakannya dengan model lain.

Para analis militer China percaya bahwa upaya ini bertujuan untuk melindungi integritas teritorial China di wilayah barat yang berbatasan dengan beberapa negara, termasuk India.

Dikutip Global Times dari akun WeChat resmi Angkatan Udara Komando Teater Barat PLA, satu brigade baru-baru ini melakukan latihan pertempuran udara konfrontatif untuk memeriksa dan meningkatkan kemampuan tempur komprehensif unit tersebut.

Berdasarkan foto yang dirilis oleh Angkatan Udara China, brigade ini berada dalam periode peralihan untuk menggunakan jet tempur berat J-16. Lebih lanjut, proses peralihan total ke J-16 diharapkan bisa segera selesai sebelum akhir tahun 2020 mendatang.

Sebelumnya, Komando Teater Barat yang berbasis Chongqing, China Barat Daya, juga sudah beralih ke jet tempur J-16 pada tahun 2018 lalu.

Dengan lebih banyak unit Angkatan Udara China di barat yang menggunakan J-16, wilayah udara barat China diyakini akan jauh lebih aman dari sebelumnya.

Penulis
: wewend
Editor
: Amrizal
Sumber
: kompas
Tag:berita terkinichinaHindiaJet Tempur J-16TerkiniblibliTraveloka

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.