Internasional

Amerika Serikat Akan Siap untuk Memimpin Dunia Lagi

Administrator
Hand Over
Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden

MATATELINGA, WILMINGTON; Amerika Serikat akan "siap untuk memimpin" lagi di panggung global. Demikian dikatakan Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden.

Biden membalik halaman pada kebijakan sepihak Presiden Donald Trump saat ia berjanji untuk bekerja sama dengan sekutu Washington.

Reuters memberitakan, saat memperkenalkan kebijakan luar negeri dan tim keamanan nasional barunya, mantan wakil presiden dari Partai Demokrat itu mengisyaratkan bahwa ia bermaksud untuk menjauhkan Amerika Serikat dari nasionalisme "America First" yang dikejar oleh Trump setelah menjabat pada 20 Januari mendatang.

Petahana Republik telah meresahkan banyak sekutu AS, di Eropa dan di negara lain, dengan pendekatan antagonis terhadap aliansi NATO dan hubungan perdagangan, pengabaian perjanjian internasional dan hubungan hangat dengan para pemimpin otoriter.

Joe Biden mengatakan, timnya, termasuk ajudan tepercaya Antony Blinken sebagai calon menteri luar negeri AS, akan melepaskan apa yang digambarkan oleh Joe Biden sebagai "pemikiran lama dan kebiasaan yang tidak berubah" dalam pendekatannya terhadap dunia.

“Ini adalah tim yang mencerminkan fakta bahwa Amerika telah kembali, siap untuk memimpin dunia, tidak akan mundur, sekali lagi duduk di puncak meja, siap untuk menghadapi musuh kita dan tidak menolak sekutu kita, siap untuk berdiri dengan nilai-nilai kita,” kata Joe Biden pada acara di kampung halamannya di Wilmington, Delaware seperti dikutip Reuters.

Dunia telah banyak berubah sejak Partai Demokrat terakhir kali berada di Gedung Putih empat tahun lalu. China sedang bangkit dan semakin berani, Rusia telah berusaha untuk lebih menegaskan pengaruhnya, pengaruh AS telah memudar karena telah menarik diri dari berbagai kesepakatan, dan otoritas moral Amerika telah dirusak oleh kekacauan di dalam negeri.

Joe Biden juga telah menunjuk Jake Sullivan sebagai penasihat keamanan nasional, Linda Thomas-Greenfield sebagai duta besar AS untuk PBB, Alejandro Mayorkas sebagai sekretaris keamanan dalam negeri, dan John Kerry sebagai utusan untuk masalah terkait iklim.

Penulis
: wewend
Editor
: Amrizal
Sumber
: kompas
Tag:amerika serikatberita terkiniJoe Bidenbliblimatatelinga.commatatelinga comTerkiniTraveloka

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.