Internasional

TKI Suriah Tewas Setelah Kain untuk Kabur Putus


tki suriah tewas dari lantai dua / photo ilust: ist
MATATELINGA, Suriah:  Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Serang, Banten, tewas terjatuh dari lantai dua rumah majikannya di Suriah, Senin (20/8).

Kabar tersebut disampaikan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Banten yang dihubungi oleh keluarga.

Rosmawati binti Madarsa Buhari, 46 tahun, warga Kampung Pulo, Ciruas, Serang baru delapan bulan di Suriah.

"Keluarga Rosmawati melaporkan dia meninggal di Suriah saat berusaha kabur dari rumah majikan. Dia turun dari lantai dua dengan selendang kain yang dia bawa dari Indonesia," kata Maftuh, Ketua SBMI Banten, Rabu (22/8).

Menurut Maftuh, kain yang digunakan putus karena beratnya beban yang dibawa Rosmawati. "Dia pun terjatuh, kepalanya pecah," kata Maftuh.

"Nyawanya tidak bisa diselamatkan karena terlalu banyak darah yang keluar dari kepalanya," kata dia menambahkan bahwa Maftuh meninggal pada 20 Agustus 2018.

Saat ini, jenazah Rosmawati masih berada di Rumah Sakit Suriah. "SBMI Banten memproses kepulangan jenazah dan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, BNP2TKI, BP3TKI, Kemenaker, Disnaker serta KBRI Suriah," kata Maftuh.

Rosmawati berangkat ke Suriah di bawah penyalur tenaga kerja PT Inti Japarindo. "Sponsornya Henny, Direktur PT Inti Japarindo," kata Maftuh.

Menurut Maftuh, KBRI Suriah masih mencari alasan kenapa Rosmawati nekat kabur dari rumah majikan. Sebelum meninggal, Rosmawati sempat menghubungi keluarga dan meminta pulang.

Penulis
: Fidel W
Editor
: Fidel W
Sumber
: cnn
Tag:buruh migran indonesiaTKItki di suriah tewaswni

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.