Internasional

Salut...Negara Ini Naikkan Upah Pekerja 60%

Administrator
google
MATATELINGA, Venezuela: Presiden Venezuela Nicolas Maduro menaikkan upah minimum pekerja Venezuela sebesar 60% dalam menanggapi krisis yang berkelanjutan di negara ini. Upah baru tersebut rencananya akan diberikan untuk berbagai profesi seperti guru, dokter, pemadam kebakaran, polisi, dan personel militer.



Maduro mengumumkan berita kenaikan tersebut melalui acara televisi mingguan. Kendati mengalami kenaikan yang cukup tinggi, harga makanan, barang, dan biaya kesehatan di Venezuela juga meroket tak kalah tinggi sehingga membuat biaya pembelian menjadi lebih mahal bagi penduduk Venezuela.

Krisis di Venezuela telah menyebabkan gangguan stabilitas negara. Krisis mendorong banyak orang turun ke jalan untuk melakukan demo hingga menimbulkan kerusuhan. Setidaknya 28 orang meninggal akibat kerusuhan tersebut.

Angka pengangguran di Venezuela diprediksi mencapai angka 25% tahun ini. Angka ini diproyeksi akan kembali meningkat hingga 28% tahun depan. Sedangkan pada 2015, angka pengangguran di Venezuela hanya sekira 7,5%.

Pertumbuhan ekonomi Venezuela menyusut secara drastis sebesar 18% pada tahun lalu. Sehingga diperkirakan pada tahun ini pertumbuhan ekonomi Venezuela akan mencapai angka minus. Kondisi inflasi di Venezuela juga tergolong parah. Inflasi diprediksi melonjak hingga 720% tahun ini dan sebesar 2.608% tahun depan sesuai dengan perkiraan International Monetary Fund (IMF).



Madoru yang resmi menjabat sebagai presiden pada 2012 menyalahkan kondisi krisis atas perang ekonomi yang dilakukan oleh lawan politiknya.

(Mtc/okz/net)
 

Penulis
: Mtc/okz/net
Editor
: dongan
Tag:buruhinternasionalmatatelinga.commatatelinga comnaik 60 persenvenezuela

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.