Internasional

Perang Berkecamuk di Suriah, Puluhan Tewas

Administrator
Google
MATATELINGA, Deir Ezzor: Pertempuran antara tentara Suriah melawan ISIS itu menelan korban lebih kurang 73 orang. Perang berkecamuk di Deir Ezzor, Suriah.

Pertempuran di Suriah bagian timur itu berlangsung pada Sabtu (28/10) waktu setempat. Tentara Suriah bereaksi atas serangan ISIS, seperti dilansir dari AFP, Senin (30/10/2017).

Lembaga pengamat hak asasi manusia untuk Suriah yang berbasis di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights, mengatakan kini tentara Suriah telah mengontrol keseluruhan ibu kota provinsi Deir Ezzor.

Pertempuran sengit itu dilaporkannya telah menewaskan 50 petempur ISIS dan 23 tentara Suriah dan milisi sipil pro rezim Bashar Al Assad. Direktor Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdel Rahman, mengatakan pemerintah menangkap dua kawasan baru dan stadion kota.

"ISIS sekarang telah dikepung di area antara kota dan sungai (Eufrat)," kata Abdel Rahman.

Sejak awal September, angkatan bersenjata Suriah telah berupaya mengusir ISIS dari kota ini. Abdel Rahman mengatakan ini adalah pertempuran paling sengit yang terjadi di kota ini sejak tentara pemerintah membubarkan kepungan ISIS. Pertempuran akan berlanjut pada Senin waktu setempat. Rusia akan membantu menyerang dari udara.

Deir Ezzor adalah provinsi yang kaya dengan minyak. Wilayah ini berbatasan dengan Irak. Deir Ezzor menjadi basis ISIS, namun pasukan ISIS menghadapi serangan dua arah, yakni dari pemerintah Suriah dan dari Pasukan Demokratik Kurdi-Arab Suriah yang didukung Amerika Serikat (AS).


(Mtc)

Penulis
: Amr/Dtc/Net
Editor
: Amrizal
Tag:73 orang tewasASIsisSuriahMataMatatelingaperang

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.