Internasional

Pentagon akan Bangun Angkatan Laut yang lebih Besar Hadapi China

Administrator
Kapal induk AS.[net]
MATATELINGA, New York: Pihak Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengumumkan rencana ambisius untuk memperluas Angkatan Laut AS dengan berbagai kapal tak berawak dan otonom, kapal selam dan pesawat untuk menghadapi tantangan maritim yang berkembang dari China.



Melansir AFP, Pimpinan Pentagon mengatakan tinjauan menyeluruh atas kekuatan angkatan laut AS yang dijuluki "Maju Masa Depan" telah menetapkan rencana untuk mengubah permainan yang akan memperluas armada laut AS menjadi lebih dari 355 kapal, dari 293 kapal saat ini.


Rencana tersebut, yang membutuhkan penambahan anggaran puluhan miliar dollar ke anggaran Angkatan Laut AS antara saat ini dan 2045, bertujuan untuk mempertahankan keunggulan atas pasukan angkatan laut China, yang dipandang sebagai ancaman utama bagi Amerika Serikat.


"Armada masa depan akan lebih seimbang dalam kemampuannya memberikan efek mematikan dari udara, dari laut, dan dari bawah laut," kata Esper dalam pidatonya di Rand Corp. di California seperti dilansir AFP.



Dengan rencana ini, Pentagon akan menambah lebih banyak kapal selam; kapal permukaan dan bawah permukaan yang berawak opsional, tak berawak dan otonom; dan berbagai macam pesawat berbasis kapal induk tak berawak.


"Rencananya armada kapal lebih mampu bertahan dari konflik intensitas tinggi, untuk memproyeksikan kekuatan dan kehadiran AS, dan untuk memberikan serangan presisi pada jarak yang sangat jauh," katanya.


Esper menyontohkan diluncurkannya program fregat berpeluru kendali baru, yang memproduksi kapal dengan peningkatan mematikan, kemampuan bertahan hidup, kemampuan dan kapasitas untuk melakukan peperangan yang didistribusikan.


Dia juga mengatakan uji coba sedang berlangsung di Sea Hunter, drone trimaran 132-kaki (40 meter) yang dapat secara mandiri mensurvei laut untuk kapal selam saingan selama lebih dari dua bulan sekaligus.


"Upaya ini merupakan langkah selanjutnya dalam mewujudkan armada masa depan kita, di mana sistem tak berawak melakukan berbagai fungsi perang, mulai dari menembakkan tembakan mematikan dan meletakkan ranjau, hingga melakukan pasokan ulang atau mengawasi musuh," kata Esper.


"Ini akan menjadi perubahan besar dalam cara kami melakukan perang laut di tahun-tahun dan dekade mendatang," tambahnya.


Fakta angkatan laut China

Sebelumnya, sebuah laporan baru dari Departemen Pertahanan AS mengklaim bahwa Angkatan Laut China, yang secara resmi dikenal sebagai Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN), adalah yang terbesar di dunia. 


Mengutip Popular Mechanics, ada beberapa hal yang membuat militer China menjadi yang terbesar saat ini. Berikut 5 fakta yang dibeberkan Pentagon:


1. Angkatan Laut China lebih banyak


Pentagon menilai, PLAN memiliki 350 kapal angkatan perang, dibandingkan dengan 293 kapal Angkatan Laut AS. Ini termasuk 86 kapal patroli rudal, 49 korvet, 53 fregat, 32 kapal perusak, satu kapal penjelajah, 52 kapal selam serang bertenaga nuklir dan konvensional, empat kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir, 58 kapal amfibi utama, dan dua kapal induk yang ditugaskan ke Utara, Timur, dan Selatan, dengan 100 kapal lainnya ditugaskan di tempat lain.


2. Anggaran belanja militer China meningkat


Faktanya, anggaran pertahanan China telah tumbuh sekitar enam kali lipat dalam enam dekade terakhir, dengan penekanan pada modernisasi pasukan tempur dan membangun kemampuan proyeksi kekuatan " khususnya Angkatan Laut China.


3. China melakukan modernisasi militer


Pada 1979, PLAN hanya terdiri dari lebih dari 140 kapal rudal, 53 korvet, 12 fregat, 11 kapal perusak, 75 kapal selam, dan 15 kapal amfibi besar. Meski begitu, sebagian besar kapal sudah usang, mengirimkan rudal dan sensor yang lebih tua yang membuat mereka tidak cocok untuk berhadapan dengan Angkatan Laut AS " atau hampir semua angkatan laut besar lainnya, dalam hal ini.


4. Armada China masih kalah dalam hal tonase


Terlepas dari semua ini, bagaimanapun, armada China masih lebih kecil dari Angkatan Laut AS dalam satu metrik utama: tonase secara keseluruhan. Berat keseluruhan dari semua kapal di Angkatan Laut China adalah sekitar 1,8 juta ton hingga 2 juta ton.


5. China mempercepat pembangunan kapal induk


China telah membuat keuntungan yang mengesankan selama empat dekade terakhir dan terus mengejar ketinggalan dengan Angkatan Laut AS. PLAN telah menurunkan dua kapal induk dan kemungkinan akan membangun kekuatan tambahan sekitar enam sampai delapan kapal induk. Ini akan meminimalkan kesenjangan tonase. 

Editor
: Amrizal
Tag:amerika serikatchinaChina VS ASMenteri Pertahanan ASBerita TerkiniblibliTerkini

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.