Internasional

Nikmati Permen Black Licorice, Meninggalkan Dunia Selamanya

Administrator
Hand Over
Permen black licorice
MATATELINGA, Massachusetts:  Seorang pekerja konstruksi di Massachusetts, Amerika Serikat, menyukai  permen black licorice membuatnya harus pergi untuk selamanya.  Selama beberapa pekan, dia makan satu setengah kantong kembang gula itu setiap hari.





Kebiasaan itu membuat nutrisi di dalam tubuhnya menjadi rusak, hingga pada akhirnya menyebabkan jantung pria berusia 54 tahun itu berhenti berdetak, Rabu (23/9/2020) lalu. Tindakan yang berlebihan membawa petaka. 


"Bahkan, mengonsumsi sedikit saja licorice dapat meningkatkan tekanan darah seseorang," kata ahli jantung di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Dr Neel Butala, yang menggambarkan kasus tersebut di New England Journal of Medicine, seperti dikutip kembali Alarabiyah, akhir pekan ini.


Dia menjelaskan, asam glycyrrhizic ditemukan pada permen licorice hitam dan banyak makanan lain yang mengandung ekstrak akar licorice (sejenis tumbuhan herbal yang di Indonesia disebut akar manis). Asam itu dapat menyebabkan jumlah kalium di dalam cairan tubuh menjadi sangat rendah. 


Pada gilirannya, ketika kadar asam itu terlalu tinggi, bisa menimbulkan ketidakseimbangan mineral lain, yang disebut elektrolit.






Badan Pengawas Obat dan Makanan AS memperingatkan, memakan sedikitnya 2 ons licorice hitam setiap hari selama dua pekan dapat menyebabkan masalah irama jantung, terutama untuk orang di atas 40 tahun.


“(Asam glycyrrhizic) ini bisa ditemukan pada permen jellybeans, teh licorice, dan banyak lagi produk sejenis yang dijual bebas. Bahkan beberapa bir, seperti bir belgia, juga memiliki senyawa ini di dalamnya,” kata ahli jantung dari Universitas Colorado yang juga mantan Presiden Asosiasi Jantung Amerika, Dr Robert Eckel, sebagaimana dilansir iNews.id.


Kematian pria Massachusetts tersebut menjadi kasus yang ekstrem. Lelaki itu pingsan saat makan siang di sebuah restoran cepat saji. Dokter menemukan kadar kalium yang sangat rendah dalam tubuhnya, yang menyebabkan masalah irama jantung dan masalah lainnya.

Editor
: Amrizal
Tag:berita terkiniblibliPermen Black LicoriceTravelokaIndexnikmati Permen Black Licorice tewasTerkini

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.