Internasional

Jet Pribadi Hasil Mark Up 1MDB 'Parkir' di Singapura


Jet Pribadi Hasil Mark Up 1MDB 'Parkir' di Singapura / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Polisi Singapura mengatakan pesawat jet pribadi yang diduga dibeli dari hasil penggelapan dana 1MDB milik pemerintah Malaysia kini berada di Singapura.

Polisi Singapura mengeluarkan pernyataan tertulis bahwa "satu pesawat yang terkait dengan penyelidikan 1MDB saat ini berada di Bandara Seletar," yang merujuk pada bandar udara khusus pesawat pribadi di Singapura.

Akan tetapi pernyataan itu menyebutkan Singapura belum "menerima permintaan resmi dari pihak berwenang Malaysia terkait pengembalian pesawat jet itu".

Harian Strait Times melaporkan pesawat ini diyakini berada di hangar milik satu perusahaan yang tidak bergelut di bidang perawatan dan perbaikan pesawat.

Pihak berwenang Malaysia membuka kembali penyelidikan kasus dugaan penggelapan dana 1MDB oleh mantan Perdana Menteri Najib Razak dan kroninya.

Pemerintah Malaysia berusaha menyita pesawat jet bernilai US$35 juta milik pengusaha Low Taek Jho, penasehat utama 1MDB yang dituduh menyelewengkan dana miliaran .

Low diduga membeli pesawat jenis Bombardier Global 5000 dan juga kapal pesiar mewah bernilai US$250 juta dengan dana yang dicuri dari 1MDB.

Kapal pesiar mewah itu telah diserahkan ke Malaysia oleh pihak berwenang Indonesia setelah disita di Bali.

Pihak berwenang Malaysia mengatakan ingin menangkap Low namun keberadaannya saat ini tidak diketahui.

Singapura adalah satu dari beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Swiss, yang menyelidiki tuduhan penggunaan sistem finansial mereka untuk mencuci uang yang diyakini digelapkan dari 1MDB.

Tuduhan korupsi terhadap Najib merupakan faktor utama atas kekalahan tak terduga di pemilu Malaysia yang membuat koalisi partai yang telah berkuasa sejak 1957 tersingkir dari tampuk pemerintahan.

Najib telah didakwa melakukan korupsi dan pencucian uang terkait kasus penggelapan dana 1MDB. Tuduhan ini dibantah oleh Najib Razak yang kini bebas dengan uang jaminan.
Penulis
: Fidel W
Editor
: Fidel W
Sumber
: cnn
Tag:1mdbMalaysianajib razak

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.