Ekonomi

Siap-Siap Nih Pelaku Usaha! BLT UMKM Rp11,76 Triliun Siap Disalurkan

rizky
Ilustrasi
MATATELINGA. Jakarta - Meskipun Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan meski ancaman dan tantangan pemulihan ekonomi nasional (PEN) kian berat. BLT UMKM 2021 akan tetap disalurkan.



Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satriya menjelaskan anggaran BPUM yang telah disiapkan tahun 2021 ini sebesar Rp11,76 triliun yang akan diperuntukkan bagi 9,8 juta pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia. Diharapkan akan ada tambahan untuk 3 juta penerima lagi.


Baca Juga:Marion Jola Akui Nyaman Berpakaian Seksi, Berikut 4 Potret Menggairahkannya

Dia berharap dengan adanya BPUM dapat membantu pelaku usaha tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 yang belum mereda. Meski tahun ini jumlahnya turun menjadi Rp1,2 juta per penerima.



"Kita tetap harapkan ada pendataan dari Bapak/ Ibu semua (Kepala Dinas dan stakeholder terkait). Meski tahun ini jumlahnya turun menjadi Rp1,2 juta per penerima tapi kami rasa bantuan BPUM bisa jadi tambahan modal produktif dan jadi tambahan untuk pengadaan bahan baku bagi pelaku usaha mikro," sambung Eddy.


Selain BPUM, ada juga bantuan program restrukturisasi, pemberian subsidi bunga KUR dan non KUR, PPh final ditanggung pemerintah, imbal jasa penjaminan dan penyediaan dana bergulir bagi koperasi yang disalurkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang merupakan Satuan Kerja dari KemenkopUKM. (Mtc/Okz)


Penulis
: Mtc/Okz
Editor
: Rizky
Sumber
: Okezone
Tag:76 TriliunBLTBLT UMKMBLT UMKM Rp11ekonomiMatatelingapelaku UsahaTerkini

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.