Ekonomi

Penurunan Harga Sebagian Komoditas Pangan Sepanjang Bulan Februari

Administrator
Hand Over
Inflasi
MATATELINGA, Jakarta: Inflasi bulan Februari diperkirakan akan didorong oleh inflasi inti sementara inflasi harga bergejolak diperkirakan akan mengalami tren penurunan sejalan dengan penurunan rata-rata harga .






"Penurunan harga sebagian komoditas pangan sepanjang bulan Februari seperti daging ayam (-2,3% mom); telur ayam (-4,4% mom); cabai merah (-5,8% mom); bawang merah (-1,0% mom) dan beras (-0,02% mom)," kata Josua pada Media di Jakarta, Senin (1/3/2021).


Meskipun demikian terdapat beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga seperti: daging sapi, bawang putih dan cabai rawit. Sementara itu, inflasi tahunan dari komponen inti bulan Februari cenderung melambat menjadi 1,51% yoy dari bulan Januari yang tercatat 1,56% yoy.






"Penurunan inflasi inti tersebut juga turut dipengaruhi oleh masih lemahnya konsumsi domestik serta penurunan harga emas," sebutnya.


Inflasi pada bulan Februari diperkirakan sebesar 0,10% (month of month/ mom) atau 1,38% (year on year/ yoy). Ekonom Bank Permata, Josua Pardede mengatakan, inflasi cenderung menurun dari inflasi bulan Januari yang tercatat 0,26% mom atau 1,55% yoy.

Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Sumber
: sindo
Tag:dollar as menguatinflasiInflasi bulan pebruariharga emasharga panganinflasi dorongan harga gejolakKurs Rupiahmenguatpereonomian dunia

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.