Ekonomi

Kementan Berjanji Menekan Harga Kedelai Melambung Tinggi

Administrator
Hand Over
lahan
MATATELINGA, Jakarta: Produksi kedelai akan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, sehingga ke depannya dapat dipenuhi secara mandiri. Harga kedelai yang melambung tinggi, Kementerian Pertanian (Kementan) berjanji menekan kenaikan tersebut.





Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pengembangan kedelai lokal sulit dilakukan oleh petani dalam negeri, padahal kebutuhannya selalu meningkat tiap tahun.


Syahrul juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah terus berupaya menekan impor kedelai yang masih tinggi. Dia menyebut, penyebab kenaikan harga kedelai impor adalah karena ongkos angkut yang juga mengalami kenaikan.


"Petani lebih memilih untuk menanam komoditas lain yang punya kepastian pasar. Tapi kami terus mendorong petani untuk melakukan budidaya. Program aksi nyatanya kami susun dan yang terpenting hingga implementasinya di lapangan," ujarnya di Kantor Direktorat Jenderal Tanaman Pangan.






Menurutnya, masalah kedelai ini merupakan masalah global. Sehingga, harga kedelai yang ada saat ini terpengaruh khususnya dari Amerika dan turut dirasakan oleh Indonesia.


"Tidak hanya di Indonesia ada kontraksi seperti ini di Argentina misalnya juga terjadi polemik polemik terkait produksi kedelai," akunya.

Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Sumber
: Okz
Tag:Kementan RIberita terkiniblibliharag Kedelai tinggiIndexperekonomian tidak stabilTerkiniTraveloka

Berita Terkait

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.