Ekonomi

Indonesia Mempunyai Gunung Emas, Siapa Yang Mengeruknya...?

Administrator
Hand Over
Tambang Freeport 
MATATELINGA, Jakarta: Perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua ini awalnya milik asing. Namun kini sudah beralih ke PT Inalum. PT Freeport Indonesia kini memiliki 51,23% saham.





Kepemilikan mayoritas ini akan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat di Bumi Cenderawasih. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).


PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan pertambangan di dunia. Pihak tersebut memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas, dan perak ke seluruh dunia.


Jika bicara gunung emas, Indonesia juga mempunyai gunung emas seperti fenomena gunung emas yang ada di Kongo, Afrika. Bahkan gunung emas di Indonesia ini memiliki cadangan yang sangat besar. Namun, sayangnya gunung emas ini diambil dan dikelola oleh asing.


Ya gunung emas yang dimaksud ini adalah tambang yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua.


Kepala BKPM Bahlil Lahadia mengatakan, Indonesia merupakan negara kaya namun kekayaan alam di Indonesia bisa saja habis jika tidak dikelola dengan baik. Salah satunya cadangan emas di Freeport bisa habis





"Emas kita luar sekali banyaknya, Freeport sebentar lagi akan habis emasnya," kata Bahlil dalam video virtual, Rabu (3/2/2021).


Kekayaan alam di Papua sampai sekarang belum juga habis. Sumber daya tersebut sudah puluhan tahun dikelola PT Freeport Indonesia. Mulai dari emas, tembaga, perak dan mineral yang ada di wilayah Pegunungan Tengah papua.

Penulis
: Mtc
Editor
: Amrizal
Sumber
: Okz
Tag:gunung emasmatatelinga.commatatelinga comPapua tambang emasTerkinibliblihasil Bumi alamIndexTambang EmasTraveloka

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.